Beranda Ekonomi Bisnis Wih, Ada Kampung Ikan di Pekan Budaya dan Pariwisata Kediri

Wih, Ada Kampung Ikan di Pekan Budaya dan Pariwisata Kediri

BERBAGI
kampung ikan di pekan Budaya dan Pariwisata 2019, Simpang Lima Gumul. (foto: tim liputan)

AGTVnews.com – Anda penggemar ikan hias, sepertinya cocok kalau datang ke kampung ikan di gelaran Pekan Budaya dan Pariwisata Kediri 2019 di kawasan Simpang Lima Gumul. Bukan hanya ikan hias, namun anda juga bisa menemukan ikan konsumsi.

Jangan anda bayangkan jika ini adalah sebuah perkampungan, namun kampung ikan ini adalah stand yang berjejer yang semuanya berisi ikan.  Diharapkan  kegiatan ini  bisa meningkatkan perekonomian para pembudidaya ikan melalui bursa jual-beli.

Saat memasuki kampung ikan para pengunjung langsung disuguhi berbagai jenis ikan, baik air tawar maupun ikan hias. Beragam jenis ikan yang ada diantaranya gurami, nila, betta, koi yang merupakan hasil budidaya pengusaha ikan di Kabupaten Kediri .

Di kampung ini, pengunjung bisa hanya sekedar melihat-lihat, membeli maupun melakukan tanya jawab. Pengunjung bisa mendapatkan informasi tentang budidaya ikan kepada dinas perikanan setempat.

| Baca Juga:  3000 Pembarong Nusantara Tutup Pekan Budaya Kabupaten Kediri

|simak video berita terkait:

 

Menurut salah satu anggota Kediri Betta Club (KBC), Agus Thoriq, dirinya merasa bersyukur bisa ikut ambil bagian dalam kampung ikan ini.

“Dengan adanya kegiatan ini, saya bisa mempromosikan usaha ikan hias saya.  Memang yang namanya ikan hias itu harganya diatas rata-rata. Tapi dengan adanya fasilitas ini, kita jadi terbantu untuk bisa promosi,” jelasnya.

Kabupaten Kediri merupakan daerah penghasil ikan betta atau ikan cupang terbesar di Indonesia dan menjadi penyuplai untuk daerah lain.

Sedangkan beberapa daerah di kabupaten Kediri yang menjadi sentra budidaya ikan hias maupun ikan air tawar yakni Kecamatan Pare dan Desa Pranggang Kecamatan Plosoklaten. Untuk produk ikan yang terbanyak dihasilkan di Kabupaten Kediri diantaranya ikan lele, beta dan koi. (*)

Reporter: Tim Liputan
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here