Beranda Viral 5 Makanan Nyeleneh di Kediri Berani Coba?

5 Makanan Nyeleneh di Kediri Berani Coba?

BERBAGI
salah satu makanan tidak lazim, kelelawar goreng,(sumber:IDNtimes.com)

AGTVnews.com – Kuliner menggunakan bahan tidak umum biasanya membuat sebagian orang justru ingin mencoba. Seperti beberapa menu makanan yang ada di Kediri ini. Kelelawar goreng yang gurih, sate bekicot yang nikmat justru menjadi incaran para pecinta kuliner baik dari dalam Kediri maupun luar Kediri.

Ya terlepas dari pro dan kontra yang ada di masyarakat, untuk kalian yang penasaran seperti apa kelezatan makanan ekstrim ini, redaksi AGTV sudah menyiapkan untuk kalian guys.

1. Kelelawar goreng

Kelelawar goreng merupakan menu andalan di warung Pak Min di Desa Gayam Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Makanan ini tersedia sejak tahun 1985 yang lalu.

Kelelawar yang sudah dibersihkan, akan dibakar sebentar di arang untuk menghilangkan bulu-bulu halusnya. Kemudian kelelawar ini akan diungkep dengan bumbu dan kemudian digoreng.

|video rekomendasi untuk anda:

Kelelawar goreng ini disajikan dengan sepiring nasi hangat dan sambal terasi serta lalapannya, wih pasti membuat anda betah duduk berlama-lama. Daging kelelawar goreng ini teksturnya lebih halus dan rasanya lebih gurih dibanding dengan ayam goreng. Konon katanya, daging kelelawar ini bisa menjadi obat untuk penderita sesak nafas.

Nah bagi kalian yang penasaran, boleh kok dicoba. Dengan harga berkisar Rp 7000 per porsi, dijamin tidak akan menyesal.

2. Sate Emprit

Emprit adalah burung pipit hama padi di sawah. Kebayang gak, burung kecil ini dijadikan sate? Pasti tinggal tulangnya saja. Namun ternyata Sate emprit Mbah Darmo di Jalan Ahmad Yani Desa Wonojoyo Kecamatan Gurah Kediri ini justru banyak dicari orang.

Emprit ini ditusuk kemudian dipanggang diatas arang dan ditambah bumbu kacang kecap layaknya sate pada umumnya. Mungkin tantangan sate emprit ini adalah daging yang sedikit sementara tulang-tulangnya sangat keras. Bagi kalian yang tidak telaten menikmati makanan nyeleneh ini, bisa kok menikmati menu lain yang familiar.

Namun yang pingin merasakan makanan nyeleneh lainnya, coba saja pesan krengsengan kalkun atau oseng-oseng biawak. Makanan tidak jamak ini dijual dengan harga terjangkau yakni antara Rp 20.000 hingga Rp 30. 000. Bagaimana, berani mencoba ?

3. Sate dan Keripik Bekicot

Bekicot atau siput adalah hewan bercangkang dan jalannya sangat lamban. Bisakah anda bayangkan hewan tersebut berada di atas piring dan siap kita nikmati? Hehehehe. Tenang guys, jika memang ini ada dipiring kita, bentuknya sudah berubah sangat berbeda sekali.

Yang ada adalah potongan daging berwarna hitam kecil-kecil sebesar jempol tangan, dengan rasa gurih yang luar biasa. Di Kediri Bekicot sering disebut dengan 02, jadi kalau ada sedang jalan-jalan dan menemukan ada warung bertulisan “krengsengan 02” itu adalah krengsengan bekicot atau siput.

02 tidak hanya diolah menjadi krensengan saja, namun juga berupa sate dan keripik. Pensaran seenak apa rasanya, ayolah datang saja ke Kediri.

4.Olahan Kodok

Daging kodok lebih dikenal dengan nama swikee. Olahan swikee ini ternyata rasanya sangat enak. Tekstur daging swikee ini halus dan lembut. Bagi pecinta makanan ini, katanya sihm daging swike lebih enak dibanding daging ayam.

Swike paling terkenal enak di Kediri yakni di depot swike Mak Alay. Lokasinya ada di Jalan Panglima Sudirman No 140 Ringin Anom Kediri.

Di depot ini tersedia berbagai macam olahan kodok, diantaranya swike tauco, swike goreng tepung, swike bakar masih banyak jenis masakan lainnya. Ayo guys kita coba, makan daging kodok yang enak.

5.Kreco

Kreco adalah nama lain dari keong sawah atau keong emas. Hewan ini merupakan hama untuk tanaman padi. Namun masyrakat kediri justru menjadikan kreco sebagai olahan masakan yang tidak ada di tempat lain.

Depot penjual kreco yang dikenal di Kediri adalah Kreco Pak Dji yang ada di Jalan Hayam Wuruk Kediri. Olahan keong sawah ini dimasak dalam kuah yang sangat gurih. Daging kreconya empuk sekaligus kenyal.

Nah asyiknya, kalian harus mencungkil daging kreco ini dari cangkangnya. Karena memang kreco ini dimasak sekalian cangkangnya. Tapi kalau tidak mau ribet, ya pesen saja sate kreco. Harga daging kreco ini per porsinya sekitar Rp 5.000 saja.

Daging kreco ini juga banyak dijual oleh pedagang keliling yang ada di Kediri. Mereka menjajakan makanan ini didalam gerobak dorong dengan harga sama Rp 5.000.

Ekstrim dan berbeda dari umumnya menjadi satu daya tarik tersendiri. Siput, keong emas adalah beberapa hama tanaman yang justru diolah  menjadi makanan khas yang bisa membantu perekonomian keluarga.

Nah itu tadi lima makanan tidak lazim yang ada di Kediri. Beranikah kalian untuk mencicipi makanan tersebut???

Editor: Linda Kusuma

| Baca Juga:  Bank Indonesia Himbau Warga Tidak Tukar Uang Baru di Jalanan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here