Beranda Wisata Hiburan Bersih Desa di Kediri Tanpa Perang Nasi

Bersih Desa di Kediri Tanpa Perang Nasi

BERBAGI
warga memilih berebut tumpeng saat kegiatan bersih desa. (foto: arya putra)

AGTVnews.com – Wujud syukur hasil panen padi melimpah, warga Desa Blimbing kecamatan Gurah Kabupaten Kediri menggelar kegiatan tahunan bersih desa. namun kegiatan kali ini berbeda. Warga tidak lagi saling melempar nasi sebagai simbol kebahagiaan mereka.

Menurut Kepala Desa Blimbing, Agus Dwi Waluyo, bersih desa yang dilakukan sebagai tradisi turun-menurun sejak jaman dulu.

“Dalam rangkaian kegiatan ini selain ritual berdoa bersama, juga ada kegiatan sedekah bumi dan makan bersama sebagai simbolis kerukunan warga,” jelas Agus, rabu (21/8/2019).

| Baca Juga:  Imigrasi Tolak Permohonan Paspor Puluhan TKI

Agus menambahkan, kegiatan bersih desa kali ini berbeda tidak sama seperti tahun sebelumnya.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Biasanya sebelumnya kita adakan perang nasi tumpeng, namun saat ini kita lebih mengedepankan rasa bersyukur dengan menikmati masakan dan hasil bumi secara bersama sama,” jelasnya.

Bersih desa ini sebagai terimakasih para petani kepada dewi penjaga padi yakni dewi Sri. “Berharap untuk kegiatan seperti ini terus dapat dilestarikan dan dipertahankan oleh anak cucu kita kedepan dan terus terbina toleransi dengan memupuk kerukunan masyarakat,” pungkasnya.(*)

Reporter: Arya Putra
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here