Beranda Viral Biru Tosca Telaga Rambut Monte Bikin Adem

Biru Tosca Telaga Rambut Monte Bikin Adem

BERBAGI
Air telaga Rambut Monte berwarna biru tosca memberi kesejukan mata memandang. (foto: doc pemkab blitar)

AGTVnews.com – Wisata telaga Rambut Monte merupakan salah satu destinasi wisata populer di Blitar Jawa Timur. Telaga dengan dominasi biru tosca ini terletak di Desa Krisik Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar atau kurang lebih 1 jam perjalanan dari kota Blitar.

Terletak di wilayah perbukitan pegunungan, telaga Rambur Monte tidak hanya menyajikan kesejukan udara dan segarnya pemandangan, namun juga aura mistis yang melingkupi.

Yang membuat berbeda dari telaga ini adalah warna biru tosca yang mendominasi. Warna biru tosca diyakini dapat menjadi penetralisir kejenuhan dari aktifitas sehari-hari. Selain warnanya, telaga Rambut Monte menyimpan beberapa fakta yang jarang dijumpai di lokasi wisata manapun. Berikut penelusuran redaksi AGTVnews.com untuk anda.

| simak video berita terkait:

#1. Candi di dalam kawasan wisata

Begitu anda memasuki kawasan wisata Rambut Monte, anda pasti merasakan sensasi lain. Di kawasan Telaga Rambut Monte ini masih terdapat pohon besar nan rindang. Jadi hawa sejuk pedesaaan akan menyatu dengan teduhnya alam. Tidak hanya itu, begitu memasuki halaman tempat wisata, di bagian sisi kanan terlihat adanya tumpukan batu andesit.

Pengunjung telaga Rambut Monte menikmati sejuknya warna air telaga dan rimbunnya pepohonan. (foto: instagram)

Tumpukan batu ini adalah Candi Rambut Monte. Konon candi ini merupakan petilasan pemujaan pada jaman Kerajaan Majapahit. Meski bentuknya sudah tidak menyerupai candi utuh, namun kita masih bisa melihat pahatan candi tersebut.

Cerita rakyat yang berkembang mengenai Candi Rambut Monte adalah sosok Mbah Monte yang merupakan punggawa Kerajaan Majapahit. Di lokasi tersebut Mbah Monte menang bertempur melawan Rahwana dan seekor naga yang kemudian dikutuk menjadi sebuah batu.

| Baca Juga:  Taman Pecut Kota Blitar Diresmikan Walikota

#2. Air telaga yang tidak pernah surut

Setelah bertemu candi di halaman depan, langkah kita akan menyusuri puluhan anak tangga menurun menuju telaga Rambut Monte. Begitu tiba di anak tangga terakhir, akan terlihat kilau pantulan cahaya di air yang mengkilat, kontras dengan air telaga yang berwarna biru tosca. Sumber air di telaga ini diyakini tidak pernah surut, meskipun musim kemarau sekalipun.

Sebagian air telaga mengalir ke sungai di bawahnya, namun air di telaga tetap tidak pernah surut. Bila diperhatikan secara seksama, di tengah telaga terdapat gelembung udara yang tidak pernah putus. Air telaga ini bersumber dari dalam gelembung tersebut.

#3. Ikan Dewa dalam telaga jumlahnya tetap

Telaga rambut monte ini, di dalamnya dihuni ikan yang jumlahnya diyakini tidak berubah. Ikan dalam telaga ini disebut ikan dewa, yang konon katanya merupakan jelmaan dari prajurit Majapahit yang menjaga kawasan tersebut. Warga tidak berani mengambil ikan ini, karena dari cerita yang beredar, bagi siapa yang memasak ikan ini, maka akan tertimpa musibah.

Secara ilmiah, ikan dewa adalah jenis ikan sengkaring. Di banyak tempat, ikan ini memang dikeramatkan karena bentuknya tidak biasa. Di Jawa Timur ikan ini hanya ada di 2 tempat saja yakni di Pemandian Banyu Biru Pasuruan dan Telaga Rambut Monte Blitar.

#4. Sumber air alam Dandang

Disebut Sumber Dandang, karena adanya suara seperti air mendidih di dalam dandang (alat penanak nasi-red). Akhirnya warga menamai sumber air ini sebagai Sumber Dandang. Air dari Sumber Dandang ini digunakan warga untuk irigasi, maupun mandi. Air Sumber Dandang juga memiliki warna biru tosca mirip air di Telaga Rambut Monte, hanya saja lebih pudar.

#5. Ragam pepohonan besar

Berada di kawasan wisata Telaga Rambut Monte ini, seolah kita berada di dalam hutan. Karena suasana yang rindang dan juga pohon yang besar berusia ratusan tahun, seakan membawa kita kembali pada jaman lampau.

Kini penampakan di taman wisata Rambut Monte sudah lebih modern. Pemkab Blitar membangun menara pandang di atas telaga, untuk bisa menikmati keindahan telaga dari atas. Selain itu ada juga kolam renang di sebelah telaga tersebut.(*)

Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here