Beranda Tips Trik Daging Melimpah Ini Cara Simpan Yang Aman

Daging Melimpah Ini Cara Simpan Yang Aman

BERBAGI
pemeriksaan kelayakan hewan kurban. (foto:firmanto imasnyah)

AGTVnews.com – Perayaan Idul Adha identik dengan melimpahnya daging, tidak jarang masyarakat harus menyimpannya agar bisa dimasak keesokan harinya.

Ternyata menyimpan daging tidak bisa sembarangan. Ada beberapa cara mudah yang bisa kita lakukan dan tidak membahayakan kesehatan.

Menurut ahli kesehatan Tulungagung, Masduki, menyimpan daging sapi maupun kambing untuk dimasak di kemudian hari boleh boleh saja selama proses penyimpanan dan perlakuannya sebelum disimpan sesuai dengan ketentuan.

Menurutnya, sebelum menyimpan daging di dalam lemari pendingin, sebaiknya daging jangan dicuci. Sebab air yang digunakan untuk mencuci daging, bisa saja mengandung bakteri yang bisa merusak daging.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Bisa jadi kandungan bakteri ecolli dalam air akan menempel di daging, imbasnya bisa berujung pada rasa mual dan muntah ketika dikonsumsi” ujarnya.

Masduki menambahkan, sebenarnya daging yang keluar dari dalam tubuh hewan dalam kondisi yang sudah bersih. Namun terkadang proses pengeluarannya maupun pemotongannya yang kadang menjadikan daging tercemar atau kotor.

Masduki menyebut, kalaupun terpaksa dicuci dengan air karena kondisinya yang kotor, sebaiknya sesegera mungkin daging tersebut digunakan atau dimasak. Hal ini agar tidak memberi kesempatan bakteri untuk bersarang di dalam daging.

| Baca Juga:  Unik, Polres Blitar Gunakan Besek Bambu Pembungkus Daging Kurban

“Sebaiknya setelah dicuci langsung digunakan atau dimasak,” terangnya.

Hindari penggunaan tas plastik warna gelap untuk membungkus daging, karena tas plastik warna gelap merupakan hasil dari daur ulang berbagai macam plastik yang mengandung zat karbon dan bisa mengganggu kualitas daging.

Masduki menjelaskan, sebelum menyimpan daging ke dalam lemari pendingin, pastikan daging tersebut sudah dipotong potong dengan ukuran yang diinginkan.

Sebelum masuk kedalam freezer, sebaiknya daging disimpan dengan suhu sejuk selama 5 jam.

Untuk daging yang disimpan dalam freezer dengan suhu 5 sampai 10 derajat, daging bisa bertahan sampai 3 hari, sedangkan jika disimpan dalam freezer dengan suhu sampai minum 10 derajat maka daging bisa bertahan sampai satu bulan.

“Jangan lupa beri tanggal agar tidak lupa menggunakan daging mana yang lebih dulu dipakai,” pungkasnya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here