Beranda Peristiwa Geger, Jenazah Dimakamkan di Lahan Masjid Warga Pelem Tulungagung Minta Dipindah

Geger, Jenazah Dimakamkan di Lahan Masjid Warga Pelem Tulungagung Minta Dipindah

BERBAGI
aksi warga yang meminta untuk jenazah di halaman masjid dipindah. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Sejumlah warga di Desa Pelem Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung resah, karena adanya pemakaman yang dilakukan di lahan masjid yang tidak lazim seperti warga lainnya. Warga ingin jenazah tersebut dimakamkan di TPU seperti umumnya.

Aksi warga ini dilampiaskan dengan mendatangi balaidesa setempat, Senin (12/8/2019). Pada saat tersebut tengah terjadi pertemuan antara Muspika, Pemerintah desa dan Gus Maksum yang menguburkan jenazah ayah angkatnya, Suryat Suyono di samping masjid watugedeg, bukan di Tempat Pemakaman Umum (TPU).

Ahmad, salah satu warga mengatakan keresahan warga muncul karena Gus Maksum enggan mendengarkan saran dari warga untuk memakamkan jenazah Suryat Suyono di TPU.

“Warga cuma ingin, jika memakamkan ya dimakamkan di TPU bukan di halaman masjid seperti ini,” ucap Ahmad.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Ahmad dan warga lain tidak ingin jika jenazah yang dimakamkan tidak pada TPu atau tempat semestinya akan memberikan pengaruh kurang baik terhadap masyarakat sekitar.

“Salah satu adat kita itu, tanah dekat makam kan pasti murah. Stigma kita kan dekat makam kan pasti takutlah,” jelasnya.

| Baca Juga:  Banyak Pungutan, Massa Demo Disdik Propinsi Cabang Kota Kediri

Ahmad mengaku, sebenarnya masyarakat bukan tidak mau tahu dan tidak peduli dengan pemakaman yang bersangkutan. Bahkan sejak dilaporkan meninggal pada Selasa (6/8/2019) yang lalu, warga sudah mengingatkan agar dimakamkan di TPU namun tetap saja usulan tersebut tidak digubris.

“Pada waktu memakamkan sejak 6 hari yang lalu sudah diingatkan. Termasuk diingatkan oleh pak modin juga. Kita sebenarnya menghormati tapi tidak digubris,” jelasnya.

Dari hasil pertemuan yang digelar tersebut, akhirnya Gus Maksum pemilik masjid bersedia untuk memindahkan jenazah untuk dimakamkan di TPU setempat.

Kepala Kantor Kecamatan Campurdarat, Agung Sudrajat mengatakan sesuai dengan kesanggupan pemilik, pemindahan makam akan dilakukan pada Kamis (15/8/2019) mendatang.

Agung menyebut, untuk proses pemindahannya pihaknya akan melibatkan banyak pihak termasuk dinas kesehatan, pihak kepolisian dan TNI.

Diperkirakan proses pemindahan tersebut  bakal menyita perhatian banyak pihak termasuk masyarakat sekitar yang resah dengan keberadaan makam di luar lokasi TPU tersebut.

“Tentu akan kita libatkan dinas kesehatan, puskesmas karena ini kan berhubungan dengan jenazah yang sudah berhari hari,” ungkapnya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here