Beranda Peristiwa Jelang Idul Adha Harga Hewan Kurban di Tulungagung Masih Anteng

Jelang Idul Adha Harga Hewan Kurban di Tulungagung Masih Anteng

BERBAGI
hewan kurban yang ada di pasar hewan desa Beji. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Menjelang Idul Adha harga hewan kurban di pasar hewan Desa Beji Kecamatan Boyolangu Tulungagung belum mengalami kenaikan. Diperkirakan kenaikan ini akan terjadi 5 hari sebelum Idul Adha hingga 1 hari sesudahnya.

Menurut salah satu pedagang kambing di pasar hewan Beji, Lutfi, sampai saat ini harga hewan kurban untuk kambing jawa jantan masih ada di kisaran Rp 3 juta sampai Rp 4 juta rupiah. Harga ini tergantung ukuran dan usia hewan tersebut.

“Ya tergantung harga kambing itu. Kalau besar, kambing jantannya bisa sampai Rp 5 juta, tergantung umurnya dan kondisi besar kecilnya juga” terangnya, Kamis (1/8/2019).

| Baca Juga:  Wih, Ternyata Sapi Juga Butuh Perawatan di Salon

Lutfi menambahkan, untuk kambing jawa jantan miliknya yang berusia 2 tahun dihargai Rp 3,5 juta. Harga tersebut tidak berbeda jauh dengan harga kambing dalam kondisi normal.

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Punya saya ini 3,5 juta sekarang, nanti pas semakin dekat ya semakin naik. Karena yang nyari tambah banyak tapi barangnya kan ndak tambah, ya kalau naik bisa sampai 500 ribu atau bisa lebih,” ujarnya.

Lutfi menyebut, kondisi serupa juga terjadi di tahun-tahun sebelumnya mengingat masyarakat lebih memilih untuk membeli hewan kurban pada H min 1 atau pada Hari H dan langsung dikirimkan ke masjid maupun musholla. Kondisi ini menjadikan permintaan meningkat pada hari-hari tersebut.

| Baca Juga:  Nahas, Ditabrak Sapi Kurban Tokoh Agama di Blitar Meninggal Dunia

Sementara itu berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinas Peternakan Tulungagung, harga daging sapi dan kambing perkilogram dalam keadaan hidup di Tulungagung mulai mengalami kenaikan. Kenaikan ini terjadi dari bulan Januari ke bulan Juli, meski demikian kenaikannya tidak signifikan.

Harga daging kambing bulan Januari ada di angka Rp 42.000 perkilogramnya dan pada bulan Juli ini naik menjadi Rp 45.000 perkilogramnya. Sedangkan harga daging sapi hidup pada bulan Januari ada diangka Rp 45.000 perkilogramnya, saat ini menjadi Rp 50.000 perkilogramnya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here