Beranda Hukum Kriminal Kasek Pungli PPDB di Tulungagung Divonis 20 Bulan

Kasek Pungli PPDB di Tulungagung Divonis 20 Bulan

BERBAGI
Eko Purnomo, mantan kepala sekolah SMP negeri 02 Tulungagung. (foto:firmnato imansyah)

AGTVnews.com – Majelis hakim pengadilan tindak pidana korupsi menjatuhkan vonis 20 bulan penjara dan denda sebesar Rp 50 juta subsider 3 bulan penjara kepada terdakwa mantan kepala SMP Negeri 02 Tulungagung, Eko Purnomo.

Eko terseret dalam tindak pidana korupsi pungutan liar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMP Negeri 02 Tulungagung tahun ajaran 2017-2018.

Vonis yang diberikan majelis hakim kepada terdakwa Eko lebih berat jika dibandingkan dengan 2 panitia PPDB sebelumnya.

Dalam persidangan yang telah dilangsungkan sebelumnya Rudi Bastomi selaku ketua panitia PPDB divonis dengan hukuman 14 bulan penjara dengan denda Rp 50 juta, sedangkan Supraptiningsih selaku anggota panitia PPDB divonis 10 bulan penjara dengan denda Rp 10 juta.

| Baca Juga:  Peserta Tes CPNS Wajib Rapid Test dan Bebas Covid 19

|video rekomendasi untuk anda:

 

Kasi Pidsus Kejaksaan Negeri Tulungagung, Sutan Takdir mengatakan, dalam persidangan terungkap bahwa Rudi dan Supraptiningsih melakukan tindakan pungutan liar atas perintah Eko Purnomo selaku kepala sekolah.

Hal inilah yang mempengaruhi vonis hakim Eko lebih berat dibandingkan kepada Rudi dan Supraptingingsih.

Sutan menjelaskan, tuntutan Jaksa Penuntut Umum bahkan lebih tinggi dari vonis majelis hakim, yakni 30 bulan penjara dengan denda sebesar 50 juta rupiah subsider 3 bulan penjara.

“Karena vonisnya sudah 2/3 dari tuntutan, ya awalnya kita tidak mengajukan banding,” ujarnya.

Sementara itu, hal-hal yang meringankan terdakwa dalam persidangan ini adalah posisi terdakwa sebagai kepala keluarga yang masih memiliki tanggungan untuk menghidupi keluarganya.

| Baca Juga:  Syarat Minimal Akreditasi B Untuk Pelamar CPNS Asal Tulungagung Dihapus

Sedangkan hal yang memberatkan adalah posisi terdakwa sebagai kepala sekolah dinilai tidak memberikan contoh tauladan yang baik bagi bawahannya.

“Saya kira itu yang meringankan dan ada juga yang memberatkan menjadi pertimbangan majelis hakim untuk memutuskan vonis yang dijatuhkan” terangnya.

Sutan menambahkan atas putusan tersebut terdakwa melalui kuasa hukumnya mengajukan banding. Sementara pihaknya juga mengajukan banding atas vonis hakim tersebut.

Sebelumnya 2 panitia PPDB tahun ajaran 2017-2018 di SMP Negeri 02 Tulungagung yakni Rudi Bastomi dan Supraptiningsih telah menjalani masa hukuman, dan kini sudah menghirup udara bebas.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma