Beranda Tips Trik Naskar Varian Kuliner Nasi Berbungkus Daun Pisang

Naskar Varian Kuliner Nasi Berbungkus Daun Pisang

BERBAGI
nasi bakar yang nikmat. (foto:pinterest)

AGTVnews.com – Ragam kuliner berbahan dasar nasi saat ini semakin berkembang. Tidak hanya melulu pada nasi goreng, nasi uduk atau nasi gurih. Saat ini sudah ada kuliner lain berbahan dasar nasi yakni nasi bakar.

Kuliner berbungkus daun pisang ini telah muncul beberapa tahun terakhir. Citarasanya yang berbeda menjadi menjadikan sensasi tersendiri bagi penyuka makanan ini.

Redaksi Agtvnews.com akan mengulas sedikit tentang kuliner asyik ini. Jikalau kita makan satu bungkus terasa kurang, namun bila berlebih terasa kekenyangan, jadi harus gimana??

Asal-usul Nasi Bakar

Tidak banyak yang tahu asal mula makanan ini darimana. Makanan ini dengan mudah bisa dicari. Mulai dari warung kaki lima pinggir jalan hingga depot-depot kuliner yang terkenal.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Masing-masing nasi bakar ini memiliki ciri khas tersendiri. Apakah dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah ataupun Jawa Timur. Tapi yang pasti, nasi yang disajikan adalah nasi gurih, dengan beragam varian isian.

Nasi bakar ini bisa berisi macam-macam isian diantaranya, nasi bakar isi ayam, daging, tuna, jamur, teri ataupun isian lain yang anda sukai.

Harga Nasi Bakar

Nah, bicara masalah harga nasi bakar ini ramah di kantong. Rata-rata harga perporsi yang dijual adalah Rp 7.500 – Rp 15.000 tergantung variasi isiannya.

Yang standart adalah nasi bakar isi daging ayam. Ayam ini sudah diberi bumbu dan disuwir-suwir sedemikian rupa dan ada didalam nasi bakar ini. Ya bisa dibayangkan semacam jajanan lemper lah. Namun ini bukan ketan melainkan nasi.

nasi bakar dengan beberapa varian isian. (foto:instagram)

Resep Sederhana Nasi Bakar

Sebenarnya membuat nasi bakar ini sangat gampang lho. Apalagi bagi kalian yang hobi memasak, pasti tidak ada yang sulit. Berikut  ada resep sederhana cara membuat nasi bakar:

Bahan-bahan yang diperlukan:

Untuk nasi

–  beras yang sudah dicuci
–  santan siap pakai, ataupun santan hasil parutan
–  1 batang serai digeprek
–  3 lembar daun salam
–  bawang merah
–  bawang putih
–  garam

| Baca Juga:  Pecel Khas Kediri Tetap Pedas Saat Cabai Mahal

Bahan isian :

– 500 gr ayam fillet potong dadu
– 5 buah bawang merah
– 3 buah bawang putih
– 3 buah Cabe merah besar
– 2 buah cabe rawit, makin pedas makin enak
– 1 batang serai
– 3 lembar daun jeruk
– 2 lembar daun salam
– 1/2 bumbu gulai instan
– Secukupnya garam dan gula

nasi bakar bikinan rumahan.(foto:agtvnews.com)

Siapkan daun pisang dan juga tusuk gigi untuk pembungkus

Cara membuat:

Membuat nasi :

haluskan bawang merah dan bawang putih terlebih dahulu lalu panaskan wajan. Tumis bumbu halus tersebut dengan serai geprek dan daun salam sampai harum. Lalu beras masukkan ke dalam magic com, beri air sesuai takarannya. Masukkan tumisan bumbu tadi, tuang santan, beri garam secukupnya sampai dirasa gurihnya pas.

Cara membuat isian :

haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, cabe rawit, garam, gula. Tumis bumbu halus, serai geprek, daun jeruk, daun salam, bumbu gulai sampai harum. Masukkan potongan ayam. Beri sedikit air, garam dan gula. Tes rasa. Masak sampai ayam empuk dan air agak mengering.

Siapkan daun pisang yang sudah dilap permukaannya. Lalu lenturkan daun dengan cara dijemur terlebih dahulu, atau kalian bisa juga memanaskan daun ini agar lentur diatas kompor.

Nah jika semua bahan sudah tersedia, tinggal ambil nasinya, beri isian ditengahnya, kemudian bungkus dengan daun pisang dan sematkan dengan tusuk gigi. Jika anda suka pedas, bisa anda tambahkan sambal dan lalapan daun kemangi di dalamnya.

Setelah semua terbungkus, tinggal deh dibakar diatas teflon. Nasi bakar hangat siap untuk dinikmati.

nasi bakar yang nikmat. (foto:pinterest)

proses pembuatan nasi bkar. (foto:instagram)

Nah itu tadi resep sederhana membuat nasi bakar ala rumahan. Kalaupun anda ingin menjadikannya sebagai salah satu bisnis sampingan pun, sepertinya tidak ada salahnya. Berawal dari hobi kuliner, menjadi sebuah bisni sampingan yang menjanjikan.(*)

Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here