Beranda Viral Nikmati Sejuk Kebun Teh Sirah Kencong Blitar

Nikmati Sejuk Kebun Teh Sirah Kencong Blitar

BERBAGI
wisata perkebunan teh Sirah kencong. (foto:agtvnews.com)

AGTVnews.com – Berwisata saat ini sudah menjadi kebutuhan. Tidak lagi untuk sekedar mencari angin, namun juga untuk menambah koleksi foto yang bisa dibagikan di media sosial.

Salah satu tempat wisata yang instagramable dan kekinian di Blitar adalah perkebunan teh sirah kencong yang ada di Desa Ngadirenggo Kecamatan Wlingi Kabupaten Blitar.

Menuju tempat ini anda akan disuguhi pemandangan yang menyejukkan mata. Sejauh mata memandang terlihat hamparan hijau persawahan serta gemericik air sungai yang mengalir.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Wisata Alam Yang Kekinian

Memasuki perkebunan Bantaran PTPN XII kita akan langsung disambut suasana sejuk dan asri khas pegunungan. Wisatawan bisa berhenti sejenak di tengah perjalanan sebelum di kebun teh, untuk sekedar mengabadikan momen indah berada di kawasan hutan sengon yang asri.

Anda bisa berfoto ditengah jalan aspal, karena jalan disini cenderung sepi, jadi mau polah dan bergaya seperti apa saja, bisa. Jika anda berangkat pagi-pagi, anda bisa mendapatkan foto dengan latar belakang cahaya yang menembus sela-sela dedaunan.

Mengasyikan, berfoto ditengah jalan aspal di hutan sengon PTPN XII. (foto:agtvnews.com)

Jalur dan Rute Menuju Kebun Teh Sirah Kencong

Rute menuju Kebun Teh Sirah Kencong ini terbagi menjadi dua jalur, yaitu melalui jalur Semen yang cukup berat karena jalanya yang banyak berlubang. Serta melalui jalur Tegalasri yang relatif lebih mudah.

1.Rute Jalur Semen

Jika memilih jalur Semen, maka yang harus ditempuh yaitu dari arah kota Blitar menuju Wlingi. Dari Wlingi menuju Semen – Masjid Raya Wlingi belok kiri pada pertigaan pertama, kemudian pada perempatan pertama belok kanan, kemudian belok kiri pada perempatan kedua hingga mencapai Pasar Semen.

Dari Pasar Semen belok kanan pada jalan bercabang hingga menemukan jalanan berbatu yang merupakan jalan menuju Sirah Kencong. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih sepanjang 11 km, hingga menemukan jalan bercabang.

Kedua jalur bercabang tersebut akan sampai ke Sirah Kencong, namun jalur di kiri merupakan jalur yang lebih pendek. Sementara jalur kanan lebih jauh dan cukup sulit, namun memberikan pemandangan yang lebih asri dan indah. Jalur ini bisa ditempuh menggunakan mobil 4WD atau motor trail.

2.Rute Jalur Tegalasri

Rute menuju Kebun Teh Sirah Kencong Blitar melalu jalur Tegalasri lebih mudah dilewati daripada jalur Semen. Untuk menggunakan jalur ini, dari pertigaan Kawedanan Wlingi ke arah utara sampai Tegalasri, .

Dari tempat ini kemudian belok kiri di pertigaan Tegalasri. Di jalur tersebut terdapat hutan sengon, lurus terus melewati SD Ngadirenggo 2 kemudian belok kanan pada pertigaan setelah bangunan sekolah tersebut.

Setelah melewati Hutan Pijiombo dan Pabrik Susu belok kanan, maka jalur tersebut merupakan jalur menuju Kebun Teh Sirah Kencong.

Jalanan yang beraspal sangat memudahkan wisatawan karena jalan aspal tersebut sudah mencapai rute yang cukup dekat dengan lokasi Kebun Teh, kurang lebih satu kilometer sebelum lokasi.

Jika anda datang ke tempat ini sebaiknya anda membawa kendaraan sendiri. Atau mungkin anda bisa mencari persewaan kendaraan. Tidak ada angkutan umum yang menuju ke tempat wisata ini

| Baca Juga:  Wow Kafe, Sensasi Asik Nongkrong di Ketinggian 600 DPL
pemandangan yang tersaji saat menuju perkebunan teh sirah kencong. (foto:agtvnews.com)

Wisata Kebun teh

Perkebunan bantaran PTPN XII ini memilik pabrik pembuatan teh. Luasnya perkebunan teh yang ada menjadikan tempat ini sangat nyaman untuk sekedar melepas penat dan lelah. Anda bisa menikmati teh buatan pabrik ini, karena sudah tersedia di loket masuk.

Kotak-kotak teh hitam, bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh dari perjalanan anda kali ini.

salah satu spot yang menjadi favorit wisatawan. (foto:agtvnews.com)

Berbagai spot swafoto disediakan untuk anda, agar bisa memperkaya koleksi foto-foto milik anda. Naik keatas bukit, anda bisa melihat hamparan perumahan warga perkebunan, dan juga keasrian hamparan tanaman teh.

Tidak hanya itu, anda juga bisa memanfaatkan spot-spot foto menarik lainnya. Tidak akan rugi bagi anda yang suka sekali cekrek untuk datang kesini.

Air terjun Sirah Kencong.

Wisata sirah kencong tidak hanya menawarkan wisata perkebunan, namun juga menawarkan wisata air terjun. Menuju air terjun ini anda harus melalui jalan yang sedikit menanjak.

Masuk ke kawasan air terjun, jangan kaget jika anda akan diminta biaya masuk sebesar Rp 5.000. Biaya ini khusus untuk masuk ke tempat wisata air terjun.

Rasa lelah anda akan terbayar saat anda menikmati dingin air terjun dan suasana yang menyegarkan. Anda yang ingin berpertualang lagi, bisa kok mengambil jalan perbukitan di sebelah air terjun ini, untuk melihat gua jepang.

Konon katanya, gua jepang ini banyak menyimpan harta karun di dinding-dindingnya. Gua ini juga menjadi sarang dari kelelawar, jika anda beruntung, katanya sih bisa menemukan satu ratu kelelawar yang berwarna putih.

kesejukan air terjun sirah kencong. (foto:agtvnews.com)

Bagi anda yang tidak ingin lelah untuk melalui jalan menanjak, tenang sudah ada jasa ojek yang akan mengantar anda ke atas. Cukup sediakan uang Rp 15.000 anda sudah bisa sampai diatas. Untuk turun kebawah, sama saja jasa ojek akan siap mengantar anda kembali, dengan biaya yang sama.

Candi Sirah Kencong

Candi Sirah kencaong masih berada di wilayah yang sama, namun candi ini jarang tersentuh oleh wisatawan, karena jaraknya yang berlawanan dan jalannya yang sanagat menanjak.

Kondisi candi terlihat seolah seperti batu andesit yang bertumpuk saja. Relief-relief yang tergambarkan tidaklah detail seperti candi pada umumnya. Relef-relief tersebut terlihat hanya seperti guratan-guratan di bebatuan.

eksotisme kekunaan yang lebur dengan hijau hamparan teh.(sumber:instagram)

Namun jika doperhatikan lebih seksama, guratan-guratan ini membentuk sebuah gambar dan perwujudan. Perpaduan yang sangat indah, sebuah kekunaan yang lebur dalam eksotisme keindahan alam.

Tiket Masuk Sirah Kencong

Masuk kekawasan wisata ini anda akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk satu orang. Sementara untuk biaya parkir mobil sebesar Rp 5.000 dan biaya parkir sepeda motor Rp 2.000.

Alam bisa bercerita dan membawa bahagia. Dengan senyum dan tawa yang terbagi, kembali akan mengisi hati yang mungkin telah penat oleh kesibukan diri

Berwisata tidak perlu jauh dan mahal. Ternyata menghirup udara pegunungan dan merasakan sejuk hamparan teh, bisa merecharge energi kita untuk menjadi segar kembali. Kesejukan perkebunan teh Sirah Kencong ternyata mampu memberikan kesegaran kembali.(*)

Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here