Beranda Politik Tersangka KPK Supriyono Terpilih Sebagai Ketua Sementara DPRD Tulungagung

Tersangka KPK Supriyono Terpilih Sebagai Ketua Sementara DPRD Tulungagung

BERBAGI
anggota DPRD Tulungagung dilantik. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Supriyono mantan Ketua DPRD Tulungagung periode 2014-2019 kembali dilantik menjadi anggota dewan terpilih 2019-2024, Sabtu (24/8/2019).

Diketahui Supriyono saat ini menjadi tersangka kasus tindak suap pembahasan, pengesahan dan pelaksanaan APBD dan / atau APBD Perubahan kabupaten Tulungagung tahun 2015-2018 yang saat ini kasusnya masih didalami Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Tidak hanya dilantik, Supriyono bahkan ditunjuk oleh PDI Perjuangan untuk menjadi pimpinan sementara, bersama dengan Ali Masrup dari Partai Kebangkitan Bangsa partai dengan kursi terbanyak kedua pada periode 2019-2024 ini.

Dilantiknya Supriyono ini sekaligus mementahkan usulan KPU Tulungagung kepada Pemprov Jawa Timur yang mengusulkan agar pelantikan Supriyono ditunda, karena yang bersangkutan menjadi tersangka tindak pidana korupsi.

| Baca Juga:  Beredar Surat Panggilan KPK Sebut Ketua DPRD Tulungagung Tersangka

|video rekomendasi untuk anda:

 

Sekertaris DPRD Tulungagung, Budi Fatahillah Masrur mengatakan, sesuai dengan surat keputusan gubernur Jawa Timur yang dibacakan pada pelantikan menyebutkan 50 anggota DPRD dilantik termasuk Supriyono.

“Tadi sudah saya bacakan SK gubernur untuk DPRD yang dilantik hari ini kan,ya memang hari ini dilantik,” ujarnya.

Pihaknya menyebut pelantikan merupakan wewengan pemprov dan pihaknya hanya membacakannya dihadapan peserta dan undangan yang hadir.

Usai pelantikan langsung dilanjutkan dengan pembentukan pimpinan sementara, sesuai dengan aturan yang ada, pimpinan sementara merupakan perwakilan dari partai dengan kursi terbanyak pada keanggotaan DPRD periode 2019-2024.

| Baca Juga:  Anggota DPRD Kota Kediri Periode 2019-2024 Dilantik

Dua partai dengan jumlah kursi terbanyak adalah PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Budi menyebut dari PDI Perjuangan mengusulkan Supriyono sebagai ketua pimpinan sementara dan dari PKB mengusulan Ali Masrup sebagai wakil ketua.

“Kalau nama pimpinan sementara itu usulan partai, murni usulan partai, PDI Perjuangan dan PKB karna keduanya dapat kursi paling banyak,” pungkasnya.

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here