Beranda Pemerintahan Tim Teknis Perintahkan Pemilik Bebek Kosongkan Kandang

Tim Teknis Perintahkan Pemilik Bebek Kosongkan Kandang

BERBAGI
Tim Teknis melakukan sidak memerisa langsung kandang bebek yang meresahkan warga Desa Tanggulturus. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Tim Teknis Pemkab Tulungagung telah mengeluarkan surat peringatan pertama (SP-1) kepada pemilik kandang bebek, Abu Talkah di Desa Tanggulturus Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung.

Anggota tim teknis sekaligus Kabid Penegakan Perda Satpol PP Tulungagung, Kustoyo mengatakan dalam SP 1 tersebut dijelaskan bahwa pemilik kandang bebek diberi waktu hingga 7 hari kedepan, terhitung mulai tanggal 7 Agustus untuk mengosongkan kandang nya.

“SP 1 sudah kita sampaikan kepada pemilik kandang. Tembusannya juga ada termasuk untuk kepala desa, serta muspika juga,”jelas Kustoyo, Kamis (8/8/2019).

Kustoyo menambahkan, SP 1 tersebut muncul berdasarkan keresahan warga. Selain itu adanya surat perjanjian bermaterai antara pemilik kandang dan warga sekitar yang ditandatangani oleh pemilik untuk mengosongkan kandang tersebut maksimal 6 Juli 2019.

Warga resah dengan bau kotoran bebek milik Abu Talkah, melakukan aksi protes (foto: firmanto imansyah)

“Dasarnya ya memang keresahan masyarakat dan surat perjanjian bermaterai yang pernah ditandatangani pemilik kandang bebek untuk menutup kandang bebeknya maksimal 6 Juli,” ungkapnya.

| Baca Juga:  Tim Teknis Belum Berikan Surat Peringatan Pemilik Kandang Bebek Tanggulturus

Sesuai dengan aturan yang berlaku, apabilan SP-1 ini tidak digubris oleh pemilik kandang maka pihaknya akan mengeluarkan SP-2 kemudian 3 hari setelahnya tidak diindahkan juga maka akan muncul SP-3 dengan durasi waktu 3 hari.

“Jika tetap tidak ada iktikad baik dari pemilik kandang, selanjutnya bakal dilakukan pengosongan paksa oleh tim teknis,”tegasnya.

Tim teknis telah menyiapkan untuk upaya pengosongan paksa. Pihaknya akan bekerja sama dengan beberapa pihak termasuk TNI dan Polri untuk memastikan keamanannya. Selain itu pihak pemerintah desa juga sudah menyiapkan lokasi alternatif saat pengosongan paksa dilakukan.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here