Beranda Wisata Hiburan 1 Suro Larung Kepala Sapi di Pantai Tambakrejo

1 Suro Larung Kepala Sapi di Pantai Tambakrejo

BERBAGI
kepala sapi yang dilarung di pantai Tambakrejo. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Ritual larung sesaji menyambut datangnya 1 suro dalam penanggalan Jawa digelar di Pantai Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar, Senin (2/9/2019). Ribuan warga dan masyarakat terlihat memadati bibir pantai.

Beberapa sesaji terdiri dari dua gunungan hasil bumi serta satu kepala sapi diarak di bibir pantai. Setelah diarak, sesaji ini kemudian dilarung di tengah lautan.

Bupati Blitar Rijanto mengatakan, acara larung sesaji ini merupakan kegiatan tahunan yang selalu diadakan di semua pantai di Blitar selatan.

“Acara larung sesaji ini sebenarnya dilakukan di semua pantai di Blitar selatan. Namun pusatnya di Pantai Tambakrejo ini,” ungkap Rijanto.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Sementara Kepala Disporbudpora Kabupaten Blitar Suhendro Winarso mengatakan, larung sesaji ini merupakan adat dan budaya yang sudah menjadi kepercayaan masyarakat Jawa secara turun temurun.

| Baca Juga:  Kades Hadiri Kampanye Cagub, Panwaslu Hanya Beri Surat Peringatan

“Adat dan budaya inilah yang kita kolaborasi dengan pariwisata. Harapanya kedepan tradisi ini bisa memantik minat wisatawan datang ke Pantai Tambakrejo,” papar Suhendro Winarso.

Dia mengatakan, saat ini tradisi larung sesaji di Pantai Tambakrejo Blitar telah ditetapkan dalam warisan budaya tak benda (WBTB) Indonesia. Untuk itu tradisi ini harus dilestarikan dan terus dikembangkan. Ia berharap tradisi ini bisa menjadi ikon pariwisata Kabupaten Blitar.

“Tradisi ini juga harus dilestarikan dan terus dikembangkan hingga anak cucu. Ini adalah tradisi nenek moyang kita,” imbuhnya.

Aji, satu diantara warga mengatakan ia sengaja datang ke Pantai Tambakrejo untuk menyaksikan larung. “Setiap tahun selalu datang untuk melihat larung sesaji. Karena ini kan tradisi orang Jawa jadi saya senang lihatnya,” katanya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor:Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here