Beranda Hukum Kriminal 4 Senpi Milik Anggota Polres Blitar Kota Ditarik Provost

4 Senpi Milik Anggota Polres Blitar Kota Ditarik Provost

BERBAGI
pemeriksaan senpi
Petugas Unit Propam Polres Blitar Kota memeriksa ratusan senjata api milik anggota. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Empat senjata api ditarik dari anggota Polres Blitar Kota setelah diketahui surat izinnya telah habis dan belum diperpanjang oleh anggota yang memegangnya.

Hal ini diketahui saat petugas Propam Polres Blitar Kota memeriksa senjata api (Senpi) milik sejumlah anggota, Senin (23/9/2019).

Kasi Propam Polres Blitar Kota, Ipda Widarto mengatakan, surat izin memegang senjata api itu berlaku selama setahun. Setiap tahun, anggota yang memegang senjata api wajib memperpanjang izin dengan mengikuti tes lagi.

“Pemeriksaan senjata api milik anggota ini sebenarnya rutin. Kegiatan ini untuk mengecek kondisi senjata api yang dibawa anggota dan surat izinnya. Dari pemeriksaan ini ada empat senjata api yang kami tarik sementara. Karena setelah kami cek surat izinnya habis dan belum diperpanjang,” ungkap Ipda Widarto.

| Baca Juga:  Mengaku Iseng, Mahasiswa di Blitar Tanam Ganja di Rumah

Selain mengecek surat izin, petugas Propam juga mengecek kebersihan senjata api anggota. Sedikitnya ada 100 senjata api milik anggota baik yang bertugas di Polres Blitar Kota dan di Polsek jajaran yang diperiksa. Jenis senjata api yang diperiksa, yaitu, senjata laras panjang, pistol, dan revolver.

“Ada 100 senjata api yang diperiksa. Rincianya laras panjangnya ada 15 senjata dan selebihnya pistol dan revolver,” imbuhnya.

Terlihat petugas membongkar senjata api dan mengeceknya satu per satu. Jika ditemukan anggota yang senjata apinya kotor langsung ditegur untuk merawat dengan baik senjata api yang dipegangnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here