Beranda Wisata Hiburan 5 Daerah di Jawa Timur Ini Memiliki Pecel yang Endes

5 Daerah di Jawa Timur Ini Memiliki Pecel yang Endes

BERBAGI
Kuliner pecel yang disajikan diatas daun jati. Nikmat banget rasanya (foto: instagram)

AGTVnews.com – Hai AGTV lovers, apa kabar akhir pekan kalian? Biasanya bagi kalian pekerja kantoran, akhir pekan selalu dihabiskan dengan yang namanya wisata baik kuliner maupun wisata alam.

Kali ini redaksi agtv merangkum beberapa tempat di Jawa Timur yang terkenal dengan kuliner pecel yang sangat endes alias nikmat.

Pecel adalah kuliner yang berisi sayuran rebus seperti kacang panjang, daun singkong maupun daun pepaya yang diatasnya disiram dengan sambal yang terbuat sambal kacang.

Kuliner ini dilengkapi dengan rempeyek, tahu dan tempe goreng serta lauk lainnya.

Sementara sambal kacang ini terbuat dari kacang tanah yang ditumbuk halus dengan berbagai bumbu yang menjadikan rasanya sangat enak. Perpaduan antara rasa pedas, manis, gurih dan nikmat.

Daerah mana saja sih di Jawa Timur yang terkenal akan pecelnya? Ini dia guys, disimak ya…

1. Madiun

Pecel Madiun memang sangat terkenal. Pasti deh kalau sebut pecel yang terlintas pertama kali di pikiran kita ya pecel Madiun. Mungkin daerah ini yang pertama kali mengenalkan yang namanya pecel ini ya?

Bahkan saking terkenalnya akan kuliner pecel, di salah satu ruas jalan di Madiun ada lho patung ibu-ibu melayani pembeli pecel. Waaah mantab khan.

pecel Madiun yang sangat yummy. (foto:instagram)

Pecel Madiun ini sebetulnya sama saja seperti pecel pada umumnya, yakni nasi putih dengan sayuran diatasnya dan siraman sambal pecel. Hanya saja yang membedakan adanya serundeng, kering tempe maupun tahu, serta lalapan petai cina atau lamtoro.

Serundeng dan kering tempe inilah yang menjadi ciri khas dari pecel Madiun. Yang asyik lagi, pecel ini disajikan tidak di piring, melainkan di daun pisang yang dibentuk seperti mangkuk atau disebut pincuk.

Namun seiring waktu, pincuk mulai jarang digunakan namun demikian, rasa pecel khas madiun ini selalu ngangenin.

2. Kediri

Nah beda lagi nih pecel di wilayah Kediri. Pada dasarnya sih sama. Nasi, rebusan sayur dan siraman sambal kacang. Hanya saja yang bikin khas adanya sambal tumpang.

Sambal tumpang ini adalah, sambal yang terbuat dari tempe yang sudah sedikit membusuk dan diberi beberapa bumbu. Rasanya luar biasa. Dijamin bagi yang mencoba pasti deh ketagihan.

Untuk lauk biasanya nasi pecel sambal tumpang ini ada rempeyek, trasi dele, bakwan atau perkedel. Ehm…enak banget.

| Baca Juga:  Kuliner Ayam Panggang Pedas Khas Bangi
yakin gak pingin kuliner ini? (foto: instagram)

Bagi kalian yang belum tahu rasanya pecel tumpang, gak ada salahnya main ke Kediri. Di Kediri ini setiap sudut tersedia yang namanya pecel tumpang, karena ini memang makanan khas sini.

3. Blitar

Blitar kota Proklamator. Di tempat ini dimakamkan Presiden Indonesia yang pertama yakni Sukarno. Tidak hanya dikenal akan sejarahnya, Blitar juga dikenal dengan kuliner pecelnya.

Pecel Blitar tidak berbeda jauh dengan pecel Madiun. Hanya saja citarasa sambalnya sedikit lebih pedas dan menggigit dibandingkan pecel Madiun. Lauk khas yang digunakan pecel Blitar biasanya tahu basah, atau tahu yang digoreng setengah matang, rempeyek serta adanya lalapan berupa irisan mentimun dan taoge mentah.

ehm, pecel Blitar gengs…(foto:instagram)

Jika anda tidak menyukai kuliner pedas, anda bisa kok meminta pecel dengan rasa tidak pedas sama sekali. Heheheh, namanya sambal pastilah pedas ya gengs, kalau tidak pedas kurang nendang rasanya.

Mau icip-icip seberapa nendang pedas yang bisa dirasakan, ayolah datang ke Blitar dan nikmati pecel Blitar yang enak cuy.

4. Tulungagung

Pecel Tulungagung ini juga tidak terlalu beda dengan pecel Blitar. Nasi, sayuran yang direbus, taoge dan sambal pecel. Hanya saja sambalnya  tidak sepedas rasa sambal pecel khas Blitar. Pecel Tulungagung hanya diberi lauk tahu maupun tempe goreng saja dan sedikit rempeyek.

wih, pecel Tulungagung ini endes lho rasanya.(foto:instagram)

Ada yang unik dengan cara menikmati pecel di Tulungagung ini. Beberapa penikmat pecel lebih memilih mengganti nasi dengan tape dari ketela. Ada juga yang menikmati bubur sumsum dengan siraman pecel diatasnya. Wah, unik khan? untuk rasa silahkan coba sendiri deh.

Kalau anda penggemar pecel pasti deh bisa membedakan khas sambal pecel masing-masing daerah ini.

5. Ponorogo

Pecel Ponorogo, identik dengan daun jati. Pecel Ponorogo biasanya disajikan di atas daun jati. Hal inilah yang menimbulkan keistimewaan tersendiri. Coba saja bayangkan menikmati nasi pecel daun jati, dibawah rimbun pepohonan, di temani semilir angin di pinggiran sawah. Duuuhhh…indah banget.

pecel daun jati, kebayang dah gimana suasananya. (foto:instagram)

Pensaran khan AGTVlovers, seperti apa kenikmatan pecel ini. Langsung saja, cus go…

Nah AGTVlovers itu tadi beberapa tempat di Jawa Timur yang terkenal akan kuliner pecelnya. Tidak ada salahnya kalian datang dan coba kenikmatan kuliner tersebut. Selamat menikmati akhir pekannya ya, jangan lupa bahagia gengs.

Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here