Beranda Peristiwa Bom di kali Brantas Tulungagung Memiliki Daya Ledak tinggi

Bom di kali Brantas Tulungagung Memiliki Daya Ledak tinggi

BERBAGI
petugas Jibom Jibom Brimob Kompi I Batalyon Pelopor C Polda Jatim mengevakuasi temuan bom sisa PD II. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Besi berkarat yang ditemukan di sungai Brantas merupakan bom yang sering digunakan pada era jaman perang Dunia II. Pernyataan ini disampaikan Katim Jibom Brimob Kompi I Batalyon Pelopor C Polda Jatim, Aiptu Robertus Doni, saat mengevakuasi bom bersama tim.

Robertus Doni menyebut, kondisi bom sudah aman karena fuse pemicu ledakan sudah tidak ditemukan. Meski demikian bom masih berisi peledak aktif yang bisa saja bereaksi jika dalam kondisi panas. “Saya pastikan kondisinya aman tapi didalamnya masih ada peledak aktif,” ujarnya, Jumat (6/9/2019).

Bom mortir tersebut memiliki berat sekitar 50 kilogram, dengan panjang 75 centimeter dan diameter 40 centi meter. Ada beberapa dugaan mengenai keberadaanya di bawah jembatan Ngujang 1.

Dugaan tersebut diantaranya, bom sengaja dijatuhkan oleh pesawat maupun kapal penembak, namun gagal meledak. Hingga bom yang sengaja disembunyikan dengan menenggelamkannya ke dalam sungai yang berpasir.

petugas memeriksa bom temuan di kali brantas Tulungagung. (foto:firmanto imansyah)

“Bisa jadi seperti itu (gagal meledak), atau memang sengaja disimpan dan disembunyikan,” terangnya.

| Baca Juga:  Ratusan Warga di Tulungagung Berebut Ikan Mabuk

Aiptu Robertus Doni memprediksikan dengan mortir ukuran sebesar itu ,daya ledak yang dihasilkan cukup tinggi. Bahkan bisa menghancurkan jembatan Ngujang 1 yang saat ini ada di atasnya.

“ini daya ledaknya bisa tinggi. Kalau meledak bisa rubuh itu jembatan (ngujang1),” ucapnya.

Usai melakukan pengamatan kondisi mortir tersebut, anggota Jibom langsung mempersiapkan perlengkapan untuk mengamankan mortir tersebut.

“Mortir ini akan kita serahkan ke Gegana untuk didalami, kemudian kita disposal dan musnahkan,” pungkasnya.

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here