Beranda Pemerintahan Bupati Tulungagung Sambat KPK

Bupati Tulungagung Sambat KPK

BERBAGI
bupati tulungagung
Bupati Tulungagung bertemu Penasehat KPK M Tsani di stand roadshow bus KPK di GOR Lembu Peteng Tulungagung. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Kehadiran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke Kabupaten Tulungagung dimanfaatkan oleh Bupati Tulungagung Maryoto Bhirowo untuk menyampaikan keluhan. Bupati menyoroti penerapan Online Single Submission (OSS) dalam perizinan.

Bupati Tulungagung menyatakan, perizinan OSS yang diterapkan pemerintah sejak awal bulan Juli tahun 2018 tersebut perlu direvisi dan diperbaiki. Sebab ada temuan pemberian izin kepada usaha yang kehadirannya menganggu ketertiban umum.

“Pemberian izin OSS kandang bebek di Tanggul Turus itu contohnya. Itu padahal sudah dikomplain masyarakat tapi tetap saja muncul izinnya,” keluh Bupati kepada Penasehat KPK M Tsani, Selasa (17/9/2019).

Bahkan, lanjut Maryoto, setelah dilaporkan dan izinnya dicabut, pemilik kandang bebek masih berpotensi bisa mendapatkan izinnya lagi. “Ini bisa jadi potensi NIB itu muncul lagi, makanya perlu direvisi,” bebernya.

| Baca Juga:  36 ASN Tulungagung Tidak Ngantor Setelah Liburan

OSS merupakan proses kemudahan mendapatkan izin secara online yang mulai diberlakukan oleh Pemerintah sejak bulan Juli tahun 2018 yang lalu. Kelebihan dari sistem ini adalah proses perizinan yang cepat namun kekurangannya tidak ada sistem survey sebelum izin terbit.

Bahkan untuk usaha yang masih bermasalah dengan masyarakat seperti kandang bebek di Desa Tanggul Turus Kecamatan Besuki masih bisa memperoleh izin dan pemilik bisa memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) dalam bentuk barcode.

Menanggapi keluhan Bupati Maryoto, Penasehat KPK M Tsani mengaku akan menyampaikan permasalahan tersebut ke pemerintah pusat.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor  : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here