Beranda Pemerintahan DPRD Kota Kediri Tetapkan 8 Fraksi

DPRD Kota Kediri Tetapkan 8 Fraksi

BERBAGI
Kabag Umum DPRD Kota Kediri, Heru Cahyono

AGTVnews.com – Pasca dilantiknya 30 anggota DPRD Kota Kediri Agustus lalu, kini para wakil rakyat tersebut mulai menata tugas mereka. Pimpinan sementara DPRD Kota Kediri terpilih, Agus Sunoto memiliki peran penting dalam menyiapkan tugas para anggota dewan.

Agus Sunoto diberi waktu satu bulan dalam menyelesaikan tugasnya. Ada 4 tugas yang harus dijalankan pimpinan sementara, seperti memimpin rapat paripurna, memfasilitasi terbentuknya fraksi, memproses terbentuknya pimpinan DPRD definitif dan memfasilitasi terbentuknya tata tertib DPRD.

Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Kota Kediri, Heru Cahyono mengatakan, tugas pimpinan sementara sudah menjalankan dua agenda. Pertama, memimpin rapat paripurna dan kedua, membentuk fraksi DPRD Kota Kediri serta pembacaan pengurus fraksi.

| simak video berita terkait:

“Dalam agenda pembacaan surat masuk partai kemarin yang dipimpin oleh Pimpinan Sementara Bapak Agus Sunoto terbentuk 8 fraksi, ” ujar Heru Cahyono saat dikonfirmasi, Kamis (12/9/2019).

| Baca Juga:  Tampung Aspirasi Masyarakat, DPRD Kota Kediri Gelar Wayang Kulit

Heru menjelaskan, 8 fraksi tersebut meliputi 6 fraksi murni dan 2 fraksi gabungan. Fraksi gabungan ini dibentuk karena tidak mencukupinya syarat fraksi dalam perolehan kursi di DPRD Kota Kediri. “Ada 4 partai yang harus digabung untuk terbentuknya fraksi. Sedangkan 6 lainnya murni,” jelas Heru.

Dua fraksi yang digabung seperti PKS dengan PPP menjadi Fraksi Kesejahteraan Pembangunan dan Hanura bergabung dengan Golkar menjadi Fraksi Karya Nurani. Partai ini bergabung karena hanya memperoleh 2 kursi dalam Pileg.

Sedangkan untuk partai lainnya murni bisa membentuk fraksi sendiri, karena memperoleh 3 kursi bahkan ada yang lebih. Diantaranya PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, Demokrat, Nasdem, dan PKB.

| Baca Juga:  PAD Pasar Kota Kediri 'Anteng', DPRD Kota Kediri Gelar Hearing

Lanjut Heru, setelah dua agenda tersebut berarti tugas pimpinan sementara hanya kurang dalam memproses terbentuknya pimpinan definitif dan memfasilitasi terbentuknya tata tertib DPRD. “Targetnya untuk dua agenda selanjutnya ini harus selesai bulan September,” tandasnya.

Diketahui, setelah pimpinan sementara menyelesaikan tugasnya, maka Sekretaris DPRD Kota Kediri akan mengajukan nama pimpinan definitif ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mendapatkan penetapan.

Setelah Pimpinan Definitif DPRD Kota Kediri terbentuk maka akan baru dimulainya tugas para dewan dalam membentuk alat kelengkapan dewan seperti Badan Anggaran, Badan Musyawarah, BP2D hingga Badan Kehormatan DPRD Kota Kediri.(*)

Reporter: Ducan Ananta
Editor : Yusuf Saputro