Beranda Pemerintahan Kabar Gembira! Kota Kediri Usulkan 532 Formasi CPNS dan PPPK

Kabar Gembira! Kota Kediri Usulkan 532 Formasi CPNS dan PPPK

BERBAGI
Peserta tes CPNS di gedung SLG Kabupaten Kediri. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Pemerintah Kota Kediri mengusulkan sebanyak 532 formasi CPNS dan PPPK ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Usulan itu diberikan atas banyaknya kekurangan tenaga kerja di wilayah Pemerintah Kota Kediri.

Kabag Humas Pemkot Kediri, Apip Permana mengatakan, sebanyak 532 formasi tersebut meliputi 307 formasi untuk CPNS dan sebanyak 225 formasi PPPK. “Sudah kita usulkan jauh hari. Saat ini kita hanya menunggu surat resmi dari pusat untuk jadwal pembukaannya. Ada kemungkinan Oktober ini,” ujarnya, Senin (23/9/2019).

Lanjut Apip, dari jumlah formasi yang diusulkan, sebanyak 50 persen kebutuhan guru dan tenaga kesehatan yang paling dibutuhkan. Sisanya formasi lain seperti tenaga teknis di organisasi perangkat daerah (OPD). Diantaranya arsitektur, teknik sipil dan listrik yang dibutuhkan dinas pekerjaan umum dan penataan ruang (PUPR). Selain itu juga tenaga penyuluh pertanian di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP).

Apip Permana, Kabag Humas Pemkot Kediri. (foto: ducan ananta)

Persiapan Pemerintah Kota Kediri dalam membuka lowongan CPNS dan PPPK begitu matang. Dalam pembahasan Perubahan APBD 2019 lalu Pemerintah Kota Kediri sudah menyiapkan alokasi anggaran sebesar Rp 1 miliar. Alokasi tersebut salah satunya dimanfaatkan untuk persiapan seleksi di tingkat daerah.

| Baca Juga:  Ribuan Peserta Tes CPNS di Tulungagung Lolos Tahap Berikutnya

Selain itu, anggaran juga dipakai untuk penyiapan administrasi dan proses pelaksanaan di lokasi. Alokasi lain di antaranya untuk membangun tenda di tempat ujian. Karena panitia seleksi (pansel) berasal dari pemerintah pusat, pemkot akan membantu menyiapkan tenaga di lapangan. Terutama saat jadwal tes Kota Kediri dilaksanakan.

Apip menjelaskan, sebenarnya ada dua opsi yang bisa dipilih daerah dalam pelaksanaan tes CPNS dan PPPK. Yakni secara mandiri atau sharing. Namun demi efisiensi anggaran, Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan daerah (BKPPD) Kota Kediri lebih memilih sharing dengan daerah lain.

“Saat ini Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Timur (Jatim) masih memberikan dua alternatif kota penyelenggara. Yakni bergabung dengan Kota Malang atau Kota Madiun. Jadi ada kemungkinan tempat ujiannya nanti bisa di Malang atau Madiun dengan anggaran sharing,” terangnya.(*)

Reporter: Ducan Ananta
Editor : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here