Beranda Viral Kali Ngrowo Tulungagung Makin Nggilani

Kali Ngrowo Tulungagung Makin Nggilani

BERBAGI
kali ngrowo
Aneka jenis sampah di Kali Ngrowo Tulungagung. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Istilah tempat sampah raksasa pantas diberikan untuk Kali Ngrowo Tulungagung beberapa hari terakhir. pasalnya sampah rumah tangga dalam jumlah yang sangat banyak ikut hanyut dan mengambang di aliran sungai tersebut.

Ariadi, salah satu warga menyebut sampah tersebut mulai terbawa ikut arus kali pada Rabu pagi, (18/9/2019).

Menurutnya, jumlah sampah yang ikut arus sungai sangat banyak sekali, Ariadi menjelaskan sampah yang nampak terbawa arus seperti sampah plastik, kemudian bungkus makanan dan minuman ringan dan potongan ranting pohon serta daun-daunan.

Dirinya tidak mengetahui dengan pasti dari mana sampah tersebut berasal karena tidak seperti biasanya. “Banyak sekali, tadi pagi sampahnya ya plastik, potongan pohon, bekas minuman mineral itu macam-macam” ujarnya.

| simak video berita terkait:

Menanggapi hal ini, kepala UPT Sampah Dinas Lingkungan Hidup Tulungagung, Purwandi mengatakan pihaknya langsung melakukan penelusuran asal sampah tersebut.

Penelusuran dilakukan dengan mengikuti asal sampah tersebut, hasilnya dipastikan bahwa sampah-sampah tersebut terbawa arus sungai karena kecerobohan petugas pembersih limbah dari PG Mojopanggung.

Purwandi menjelaskan, berdasarkan keterangan sejumlah saksi di sekitar lokasi kejadian, awalnya sampah berupa limbah rumah tangga tersebut tersangkut dibawah jembatan Panggungrejo sejak sekitar 10 hari yang lalu.

| Baca Juga:  Pemkab Madiun Tutup Paksa Kandang Babi Ilegal

Sampah tersebut tersangkut pohon bambu yang melintang di bagian bawah jembatan, kemudian Rabu ini petugas dari PG Mojopanggung melakukan tugasnya dengan membersihkan limbah yang ikutan terhambat karena sampah tidak bisa mengalir.

“Sampahnya ya memang dari limbah rumah tangga kemudian nyangkut dibawah jembatan, sudah ada kalau 10 hari karena ada bambu itu lo,” terangnya.

Namun cara para petugas yang membersihkan sampah ini tidak dilakukan dengan benar. Sebab mereka memilih untuk menghilangkan pohon bambu yang menghambat dan membiarkan sampah tersebut mengalir ke sungai.

Purwandi kecewa dengan tindakan tersebut. Seharusnya menurut Purwandi, mereka bisa berkoordinasi dengan pihaknya untuk mengangkut sampah guna dibawa ke lokasi pembuangan sampah.

“Harusnya caranya kan ndak begitu, kan bisa laporan ke kita terus sampahnya di pinggirkan kemudian kita yang ngangkut ke tempat pembuangan,” keluhnya.

Selanjutnya menurut Purwandi, pihaknya telah menyampaikan hal ini kepada pimpinan untuk diteruskan kepada PG Mojopanggung agar ikut bertanggung jawab, karena sampah yang dibiarkan mengalir di Kali Ngrowo akan terus terbawa sampai ke Bendungan Niyama.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here