Beranda Peristiwa Kompleks Candi di Kota Blitar Akan Segera Diekskavasi

Kompleks Candi di Kota Blitar Akan Segera Diekskavasi

BERBAGI
BPCB trowulan melihat secara langsung temuan batu dan tumpukan bat kuno yang diduga peninggalan jaman majapahit. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Trowulan Mojokerto, dipastikan bakal melakukan proses ekskavasi di lokasi penemuan sejumlah benda purbakala yang diduga kompleks bangunan percandian di Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.

Menurut arkeolog BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho proses ekskavasi tersebut akan dilakukan pada awal Oktober 2019.

“Iya rencananya kita akan lakukan ekskavasi. Rencananya Oktober nanti karena sekarang kami masih melakukan ekskavasi di Jombang dan Bondowoso sampai akhir September ini,” ungkap Wicaksono, Senin(9/9/2019).

Sebelum melakukan proses ekskavasi, BPCB terlebih dahulu akan melakukan peninjauan di lokasi. Tujuannya untuk mengetahui apakah benda-benda purbakala yang ditemukan di lokasi memiliki
kriteria cagar budaya.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Setelah itu dilanjutkan dengan survei penyelamatan selama lima hari atau semacam proses ekskavasi singkat.

“Yang akan dilakukan pada awal Oktober nanti akan dimulai dengan ekskavasi singkat. Kemudian kami akan memperjelas kepemilikan tanah di lokasi temuan,” paparnya.

Dari ekskavasi singkat ini, jika BPCB menemukan potensi cagar budaya yang cukup tinggi maka akan dilakukan ekskavasi dengan durasi yang lebih panjang. “Waktunya bisa 10 hingga 12 hari. Kalau sudah baru bisa ke tahap lebih lanjut seperti pemugaran atau pemeliharaan,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Menguak Sejarah Panjalu dari Prasasti Tangkilan dan Sumur Jobong

Saat ini BPCB telah berkoordinasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar. Sambil menunggu dumulainya proses ekskavasi, BPCB meminta dinas untuk mengamankan dan mendata benda-benda yang sudah ditemukan di lokasi.

Sebelumnya Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar, Tri Iman Prasetyono mengatakan, bila ada kepastian konstruksi besar situs candi di lokasi seperti yang diasumsikan oleh Tim BPCB, akan diusulkan untuk dilakukan pembebasan sebagian lahan yang terdapat bangunan candi.

“Kalau sudah pasti soal konstruksi situs candi, kami akan mengusulkan untuk dilakukan pembebasan sebagian lahan milik warga di lokasi. Karena untuk memberikan kepastian soal temuan itu memang harus dilakukan ekskavasi,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here