Beranda Viral Lokasi Penemuan Arca di Kota Blitar Diindikasi Sebagai Bangunan Candi Megah...

Lokasi Penemuan Arca di Kota Blitar Diindikasi Sebagai Bangunan Candi Megah Zaman Majapahit

BERBAGI
batu kepala kala dan juga tumpukan batu bata kuno ditemukan di ladangan jagung milik warga. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Lokasi penemuan arca kepala kala di kebun jagung Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan Kota Blitar diperkirakan dulunya merupakan sebuah bangunan candi yang besar dan megah.

Arkeolog BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, selain arca kepala kala ditemukan juga batu bata kuno yang tersusun seperti struktur pondasi sebuah candi. Susunan batu bata kuno itu ditemukan di sisi selatan dan barat lokasi penemuan batu arca kepala kala.

“Indikasinya ini adalah bangunan candi yang cukup besar dan megah. Ada kemungkinan bangunan kompleks percandian roboh terkena letusan Gunung Kelud,” ungkap Wicaksono.

Indikasi ini dikuatkan dengan cerita turun temurun warga setempat. Mereka menyebut kawasan itu dulunya merupakan bangunan candi. Warga biasa menyebut dengan nama Candi Gedog.

| Baca Juga:  Kwalitas Beras Buruk, Operasi Pasar Sepi Peminat

|video rekomendasi untuk anda:

 

“Kami mengambil titik koordinat lokasi. Kalau dari titik koordinat yang kami ambil, diperkirakan luas areal kompleks percandian di lokasi sekitar 100 meter persegi,” imbuhnya.

Jauh sebelum penemuan arca kepala kala, memang sudah ada sebuah punden. Punden tersebut oleh warga sekitar disebut sebagai situs Joko Pangon, tokoh yang membuka wilayah Gedog. Di kanan dan kiri pintu masuk punden juga terdapat arca kepala kala.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here