Beranda Wisata Hiburan Ngisis Sor Papringan Kediri Uwenak Tenan

Ngisis Sor Papringan Kediri Uwenak Tenan

BERBAGI
Pasar Sor Pring Desa Ngadi kecamatan Mojo kabupaten Kediri. (foto: anindita saputra)

AGTVnews.com – ‘Ngisis Sor papringan’ alias berteduh di bawah rumpun bambu. Mungkin bagi kalian yang ada di kota besar, pasti tidak bisa membayangkan kesejukan berada di bawah rimbun bambu ini ya.

Angin yang semilir lekat suasana pedesaan dan hamparan sawah, menjadi sebuah pemandangan indah. Hal sederhana ini cukup menyegarkan dan menyenangkan. Lepas dari kepenatan sehari-hari dan keruwetan pekerjaan.

Suasana ini bisa kalian dapatkan di pasar tradisional Sor pring, Desa Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri. Jangan harap kalian datang kesini akan mendapati suasana pasar yang hiruk pikuk dipenuhi berbagai macam dagangan.

Tidak seruwet pasar yang dibayangkan khan?(foto:instagram)

No, tidak seperti itu suasananya. Di pasar Ngadi sor pring ini suasananya sejuk, nyaman dan bersih. Di pasar ini tersedia kuliner berupa makanan tradisional, jajanan tradisional dan juga permainan tradisional.

Tidak hanya itu, ada beberapa spot yang instagramable tersedia disini. Jadi benar-benar semacam kita kembali ke pasar jaman dahulu dengan dimanjakan berbagai macam jajanan tradisional. Terlebih seluruh pedagang di pasar ini wajib memakai baju jadul, gimana gak kembali ke jaman lampau?

Surga Makanan Tradisional

para pedagang ini menyediakan jajanan tradisional yang sudah mulai jarang ada. (foto:anindita saputra)

Pasar Sor Pring Ngadi Kecamatan Mojo Kabupaten Kediri ini bisa dibilang sebagai surganya makanan tradisional. Kalau kalian kesulitan mencari yang namanya gethuk, ketan, sentiling apapalgi gulali. Datang saja ke tempat ini. Dijamin makanan jaman lampau yang kalian cari pasti ada.

| Baca Juga:  Pelantikan Perangkat Desa Ricuh, Ini Penyebabnya

Yang paling bikin asyik lagi, makanan sederhanan tersebut bisa dinikmati dibawah rindang tanaman bambu.

Salah satu pengunjung, Zaky mengaku penasaran dengan pasar sor pring ini. Perempuan asal Surabaya ini datang bersama teman-temannya hanya sekedar untuk menikmati nasi pecel dan juga bothok jerohan yang rasanya nendang banget.

“Suasananya yang asyik, benar-benar berada di desa yang bersih. Tempatnya juga tertata. Bisa ini jadi tujuan lagi, untuk main,” ucapnya.

Santuy? Bisalaaah. Sambil berfoto-foto dan menikmati sejuk alam pedesaan. (foto:anindita saputra)

Hal yang sama juga disampaikan Nana, salah satu pengunjung dari Tulungagung. Setiap hari Minggu, dia dan keluarga selalu datang ke Ngadi hanya sekedar untuk membeli bothok wader.

“Hampir setiap Minggu saya kesini, beli lauk dan ngajak anak-anak juga. Biar tahu suasana di pedesaan,” jelasnya.

Memang sih, di pasar Ngadi ini tidak terlihat ruwet. Penjual dan dagangan tertata rapi. Jadi tidak mengkhawatirkan bagi pengunjung yang membawa anak kecil, bisa untuk momong.

Salah satu pedagang, Prawito mengatakan, pasar Ngadi ini hanya buka setiap hari Minggu saja. Pedagang yang berjualan pun hanya ada 80 yang diambil dari masing-masing RT di desa tersebut.

| Baca Juga:  Tari Kolosal 1000 Barong Meriahkan Penutupan Pekan Budaya dan Pariwisata Kediri

“Pedagang wajib memakai pakaian jadul. Kalau berhalangan datang, tidak bisa digantikan sembarang orang. Jadi dari awal pembukaan sampai sekarang, ya yang dagang orangnya tetap,” ucap Prawito.

Tersedia Spot Instagramable dan permainan tradisional

ayunan dari bambu yang bisa digunakan untuk anak-anak atau sekedar berfoto. (foto:anindita saputra)

Permainan tradisional seperti apa yang tersedia disini? Tahu egrang khan AGTVlovers? Nah, permainan itu tersedia disini, bambu panjang yang jadi pijakan kita untuk bisa berjalan diatasnya.

Jangan harap anda akan langsung bisa, hehehehe, butuh belajar guys, meski bukan berarti tidak bisa. Tidak hanya egrang, ada juga ayunan dari bambu. Wih, keren khan, kita benar-benar berwisata dan berlibur.

Jika lelah berjalan-jalan, kalian bisa beristirahat di bangku bambu panjang yang ada di tepat tengah pasar. Ada juga meja di depan nya dari bambu juga. jadi bisa santuy menikmati hari minggu dengan ditemani jajanan nikmat.

pilih sendiri jajanan kesukaanmu yang gengs. (foto:anindita saputra)

Bagi kalian yang belum tahu, hari Minggu mau kemana cuss aja deh ke pasar Ngadi ini. Jajan sepuasnya dan nikmati suasananya. Eits, jangan lupa foto-foto juga ya.

Jarang lho ada spot yang seperti ini. Selamat wekeend guys. Oh iya, pasar Ngadi buka dari jam 6 pagi hingga habis dagangan. Biasanya jam 2 siang, have a nice weekend. (*)

Reporter: Anindita Saputra
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here