Beranda Hukum Kriminal Pembobol ATM Bank Mengaku Belajar dari Youtube

Pembobol ATM Bank Mengaku Belajar dari Youtube

BERBAGI
akbp radiant
Kapolres Ponorogo AKBP Radiant menunjukkan barang bukti komplotan pembobol ATM. (foto: istimewa)

AGTVnews.com – Komplotan pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) dibongkar jajaran Satuan Reserse Kriminal Polres Ponorogo, Jumat (13/9/2019). Komplotan yang terdiri 4 orang ini mengaku belajar dari media Youtube.

Empat pelaku yakni, Muhamad Ridwan alias Wawan (33 tahun) warga Kabupaten Purworejo Jawa Tengah, Junjung Supriadi alias Meslek (37 tahun) warga Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun. Sedangkan, Didik Nurhadi (38 tahun) warga Pekalongan Jawa Tengah dan Dani (30 tahun) warga Bantul Jogyakarta hingga kini masih buron.

Kapolres Ponorogo AKBP Radiant menjelaskan, komplotan ini beraksi di ATM Bank Jatim yang ada di halaman Pemkab Ponorogo pada 7 Agustus silam. Mereka bisa teridentifikasi berkat kamera pengawas yang ada di sekitar ATM.

| simak video berita terkait:

Ditambahkan, modus yang digunakan komplotan ini terbilang terbilang unik dan baru di wilayah hukumnya. Yakni menggunakan senar pancing dan mereka belajar dari youtube.

”Modus yang digunakan ini terbilang baru. Dua tersangka, merupalam residivis dan kenal saat sama-sama ditahan di Lapas Bantul,” beber AKBP Radiant.

| Baca Juga:  Pembobol Counter HP Ditembak Polisi

Salah satu tersangka Muhamad Ridwan mengaku, keahlianya membobol ATM dengan senar pancing dipelajari dari Youtube. Dalam aksinya ia mengaku, menahan alat scan uang dalam mesin ATM dengan memasukan kail pancing dan senar melalui Exit Shuter (tempat uang keluar).

Hal ini agar uang yang ditarik senilai Rp 2,5 juta tidak terdeteksi alat penghitung saldo. Setelah uang keluar, senar dan kail pancing yang diikat pada pipa paralon diambil.

”Saya belajar dari Youtube. Ada 2 kali percobaan, dan yang kedua baru berhasil. Saya menarik tunai pakai ATM bank CIMB. Pertama nominal terkecil, yang kedua baru berhasil. Saat beraksi dibantu teman-teman untuk mengawasi sekitar,” ungkapnya.

Ridwan mengaku telah beraksi di beberapa wilayah dengan modus berbeda. Sedangkan uang hasil pembobolan ATM digunakan untuk foya-foya.” Sudah beberapa kali. Modusnya berbeda. Uangnya untuk foya-foya,” akunya.(*)

Editor: Yusuf Saputro

Artikel ini telah tayang di koranmemo dengan judul “Komplotan Pembobol ATM Bank Jatim Dibekuk, Pelaku Belajar Dari Youtube”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here