Beranda Viral Ribuan Warga Kediri Berebut Ikan di Sumber Gundi

Ribuan Warga Kediri Berebut Ikan di Sumber Gundi

BERBAGI
telaga sumber gundi
Ribuan warga Kediri antusias berebut ikan di telaga Sumber Gundi Desa Tanjung Kecamatan Pagu. (foto: oni santosa)

AGTVnews.com – Ribuan warga Desa Tanjung Kecamatan Pagu Kabupaten Kediri, berbondong-bondong ke Sumber Gundi, Minggu (22/9/2019). Mereka datang untuk mengikuti acara Grobyak Suro yakni tradisi berebut mencari ikan.

Dengan membawa alat tradisional seperti cundik dan wuwu perangkap ikan, ribuan warga sudah memadati area Sumber Gundi sebelum acara dimulai. Tidak hanya kaum pria dewasa, namun ibu-ibu dan anak-anak juga siap berebut.

Sebelum dimulai pihak desa terlebih dahulu melakukan ritual tumpengan di area telaga. Kepala Desa Tanjung, Don Vito Gusbaki menuturkan, acara Grobyak suro ini dilakukan satu tahun sekali di bulan suro. “Setiap satu tahun diadakan acara grobyak suro. Dan ini sudah menjadi tradisi di desa kami,” tuturnya.

| Baca Juga:  Taman Sekartaji Baru Mulai Bisa Dinikmati

| simak video berita ini:

Vito mengatakan, Grobyak Suro di Wisata Telaga Sumber Gundi ini bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Kediri dan Dinas Perikanan Kabupaten Kediri. Diharapkan acara ini semakin ramai di setiap tahunnya.

Acara Grobyak Suro bisa dibilang sebagai panen ikan secara beramai-ramai. Sebab selama satu tahun penuh ikan tersebut dipelihara di telaga Sumber Gundi tanpa boleh diambil dengan cara apapun. Baru pada bulan Suro air telaga dikeringkan dan ikannya diperebutkan.

Selain berebut ikan, panitia juga menyiapkan hadiah uang untuk jenis tangkapan ikan dengan berat tertentu. Salah satunya didapat Kholik, warga setempat. Kali ini ia mendapat tangkapan ikan tombro yang sangat besar dengan berat 5 kilogram lebih dan menerima hadiah uang Rp 50 ribu.(*)

Reporter: Oni Santosa
Editor : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here