Beranda Viral Salut, Anggota Kodim 0807 Tulungagung Selamatkan Lumba-lumba Terdampar

Salut, Anggota Kodim 0807 Tulungagung Selamatkan Lumba-lumba Terdampar

BERBAGI
Serda Muchtar dibantu warga selamatkan lumba-lumba yang terdampar. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Seorang anggota Kodim 0807 Tulungagung, Serda Muchtar melakukan hal yang luar biasa. Laki-laki kekar ini menyelamatkan lumba-lumba yang terdampar di pantai Klatak Tulungagung.

Aksi ini dilakukannya secara spontan, saat melihat adanya lumba-lumba yang tersangkut di bebatuan di bibir pantai tidak bisa berenang.

Menurutnya, pada saat kejadian dirinya bertugas mengamankan kegiatan di pantai Gemah yang rencananya akan dihadiri oleh Komandan Kodim namun ternyata pimpinanya tidak hadir.

Karena masih ada waktu luang kemudian sekitar pukul 14.00, dirinya bersama keluarga langsung menuju ke Pantai Klatak yang jaraknya tak jauh dari Pantai Gemah.

|video rekomendasi untuk anda:

 

Setelah lima menit duduk di pinggir pantai, tiba tiba ada ombak yang cukup besar datang, saat ombak tersebut kembali ke pantai, didepannya sudah ada ikan lumba-lumba sepanjang 1 meter dengan berat lebih dari 50 kilogram. Spontan dirinya langsung berupaya mengembalikannya ke laut.

| Baca Juga:  Tradisi Sepak Bola Api Di Pesantren

“Saya ya kaget tiba-tiba ada ikan besar dihadapan saya, spontan saya tolong, saya kembaliklan ke laut” tuturnya, Senin (2/9/2019).

Serda Muchtar menambahkan, dirinya langsung menggendong lumba-lumba tersebut. Mamalia laut itu terlihat megalami luka pada siripnya kemungkinan karena terkena karang.

“Ikannya aktif, kayak anak bayi itu. Wong ada suaranya saya bisa dengar itu, sampe saya jatuh-jatuh kemudian warga datang membantu” terangnya.

Besarnya ombak dan sulitnya pantai yang di penuhi karang membuat upayanya tersebut tidak berjalan mudah. Serda Muchtar harus berusaha sebanyak 3 kali hingga lumba-lumba tersebut benar-benar kembali ke tengah laut dan tidak terdampar lagi.

| Baca Juga:  Penerima Seragam Gratis Dipastikan Bertambah

“Kesatu pas kedalam air laut selutut masih minggir lagi ikannya, kedua sepaha juga sama akhirnya yang ketiga itu sampai sepinggang ketinggian air sampai dompet hape dan HT saya kena air, akhirnya bisa kembali dan tidak balik lagi,” ungkapnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0807 Tulungagung Letkol Inf Wildan Bahtiar mengapresiasi kepedulian tinggi yang ditunjukkan oleh anggotanya tersebut. Selain menjaga keamanan NKRI, masing-masing anggota TNI wajib peduli pada kejadian menonjol yang ada di sekitarnya.

Terlebih yang dilakukan anggotanya tersebut merupakan tindakan yang baik dan menunjukkan kepeduliannya yang tinggi terhadap kelestarian hewan lumba-lumba.
“itukan baik, wujud kepedulian kepada kelestarian binatang, bagus saya mengapresiasi tindakan anggota saya,” pukas Dandim.

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here