Beranda Pemerintahan Sampah Overload, DLHKP Kota Kediri Bangun TPA 3

Sampah Overload, DLHKP Kota Kediri Bangun TPA 3

BERBAGI
Para pemulung sampah saat memilah sampah di lokasi TPA Kota Kediri. (foto: ducan ananta)

AGTVnews.com – Masalah sampah terus menjadi perhatian pemerintah daerah, termasuk di Kota Kediri. Melihat kondisi itu DLHKP Kota Kediri rencananya kembali memperluas Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di wilayah Kelurahan Pojok, Kota Kediri dengan membangun TPA 3.

Tahun depan Pemerintah Kota Kediri melalui DLHKP Kota Kediri menganggarkan Rp 8,2 miliar dalam pembangunan TPA 3. Pembangunan itu diharapkan dapat menampung sampah di Kota Kediri yang seharinya bisa mencapai 100 ton lebih.

“Saat ini masih dalam proses tender, targetnya September ini sudah ada pemenangnya. Anggaran ini nantinya kita ambilkan dari APBD Kota Kediri dengan nilai Rp 8,2 miliar, dengan luasan lokasi yang dibangun 1,2 ha,” kata Kepala DLHKP Kota Kediri, Didik Catur, Senin (23/9/2019).

Lebih lanjut, kata Didik, DLHKP Kota Kediri terus berupaya menangani persoalan sampah yang kian menggunung. Kondisi TPA di Kota Kediri sampah yang masuk di TPA mencapai 1,40 ton per hari. Meskipun TPS 3 R telah digalakan, pengurangan sampah yang masuk ke TPA masih kurang signifikan.

| Baca Juga:  Les Bahasa Inggris Gratis Untuk Masyarakat

Untuk itu DLHKP Kota Kediri menargetkan semua tempat pembuangan sampah sementara (TPS) bisa menjadi terpadu (TPST) atau reduce, reuse, recylce (TPS3R). “Saat ini jumlah TPS ada 47 lokasi tersebar di 46 kelurahan. Dari jumlah itu, baru lima yang berkonsep 3R yakni di Kelurahan Banjaran, Kaliombo, Banjarmlati, Tempurejo, dan Rejomulyo. Harapannya kedepan semua bisa seperti itu,” imbuhnya.

Didik juga menargetkan semua TPS di Kota Kediri bisa menjadi TPS3R. Kendati demikian dia juga mengakui, dua tahun terakhir DLHKP belum mampu mewujudkan rencana tersebut karena masalah anggaran.(*)

Reporter: Ducan Ananta
Editor  : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here