Beranda Hukum Kriminal Smart SIM Mulai Diluncurkan di Tulungagung, Bisa Diisi E-money

Smart SIM Mulai Diluncurkan di Tulungagung, Bisa Diisi E-money

BERBAGI
Bripka Much Miftachurohman, Baur SIM Satlantas Polres Tulungagung. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Pasca diluncurkan oleh Koorlantas Mabes Polri pekan kemarin, blanko Smart SIM sudah tersedia di Satpas SIM Polres Tulungagung. Blanko Smart SIM tersebut bakal dicetak dan dibagikan kepada 6.000 pemohon yang sejak bulan Juli lalu belum memperoleh SIM mereka.

Smart SIM sendiri memiliki perbedaan dan keunggulan dibandingkan dengan SIM sebelumnya. Baur SIM Satlantas Polres Tulungagung, Bripka Much Miftachurohman mengatakan, Smart SIM memiliki kemampuan untuk merekam dan menyimpan data forensik pemiliknya. Selain itu Smart SIM juga bisa diisi saldo emoney untuk jalan tol.

“Banyak sekali keunggulannya dibanding SIM lama. Salah satunya Smart SIM bisa digunakan untuk membayar tol, maksimal pengisiannya Rp 2 juta,” ujar Miftachurohman, Rabu (25/9/2019).

Secara fisik, Smart SIM tampil dengan warna yang lebih segar dibandingkan dengan SIM sebelumnya. Didominasi dengan warna abu-abu dan merah, berbeda dengan SIM lama yang didominasi warna putih.

Tampilan fotonya pun berubah. Dalam Smart SIM kali ini terdapat dua buah foto pemilik, yang dicetak berwarna dan hitam putih. “Foto berwarna lebih besar ada di atas dan yang hitam putih ada di bawah dan ukurannya lebih kecil,” ucapnya.

| Baca Juga:  Naas, Dahului Kendaraan Didepanya Motor Ini Tabrak Truk

Miftah menjelaskan, saat ini pihaknya sudah mulai melakukan pencetakan untuk ketersediaan Smart SIM. Jumlah yang harus segera dicetak tidak sedikit mengingat sejak bulan Juli yang lalu sudah ada 6.000 pemohon yang belum mendapatkan SIM mereka dan masih menggunakan Surat Keterangan.

“Data kita ada 6.000 pemohon, cukup banyak karena sejak Juli sudah ada kekosongan blanko dan pemohon hanya mendapat surat keterangan,” terangnya.

Pihaknya memprediksikan, bulan depan seluruh Smart SIM sudah dicetak. Kemudian pihaknya akan menggunakan sistem delivery untuk mengirimkan SIM tersebut ke rumah masing-masing pemohon. “Ya kita prediksikan bulan depan lah, kemudian langsung kita kirim ke pemohon di rumah masing-masing,” pungkasnya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here