Beranda Hukum Kriminal Terbelit Hutang, Tohari Nekat Curi 3 Sapi

Terbelit Hutang, Tohari Nekat Curi 3 Sapi

BERBAGI
Kapolres Kediri AKBP Roni Faisal menunjukkan sapi yang dicuri tersangka Tohari. (foto: rosyid putra)

AGTVnews.com – Terbelit persoalan hutang, Tohari (45 tahun) warga Desa Besuk Kecamatan Gurah Kabupaten Kediri nekat melakukan aksi pencurian 3 ekor sapi milik kerabatnya sendiri. Aksi pencurian ini dilakukan oleh tersangka pada waktu malam hari sekitar pukul 18.30 wib.

Modus operandinya, secara diam-diam Tohari mendatangi tempat ternak sapi milik Suparman. Setibanya di sana, pria yang kesehariannya berprofesi sebagai makelar jual beli hewan ternak ini, kemudian melepas tiga ekor sapi untuk dinaikan ke atas mobil truk nopol AG 9811 GD.

Selanjutnya tiga ekor sapi tersebut disembunyikan di kandang ternak miliknya. Rencananya tiga ekor sapi ini, nantinya akan dijual dan uangnya dipergunakan untuk membayar hutang. Namun belum sampai niatanya itu terwujud, Tohari keburu ketangkap polisi.

| Baca Juga:  Kabur, Komplotan Pencuri Kambing di Tulungagung Dihadiahi Timah Panas

Kasus pencurian dengan pemberatan ini terungkap, setelah polisi melakukan serangkaian penyelidikan di lokasi. Dari sejumlah saksi yang diperiksa, diperoleh keterangan jika ada salah seorang saksi yang mengetahui aksi dari tersangka saat melakukan pencurian.

” Pada malam hari ada yang melihat, terus ada laporan kemudian ditindak lanjuti oleh Unit Reskrim,” terang Kapolres Kediri AKBP Ronie Faisal, Selasa (24/9/2019).

Dalam pengakuanya kepada Kapolres Kediri, Tohari mengatakan jika dirinya mempunyai tanggungan hutang sebesar Rp 100 juta. Hutang uang tersebut ia pergunakan untuk menjalankan rintisan usahanya sebagai makelar jual beli hewan ternak namun merugi.

| Baca Juga:  Ini Pelaku Pembacokan Dewi, Ternyata Bocah Dibawah Umur

“Total hutangnya hampir 100 juta, yang bersangkutan kan blantik. Yang seharusnya untung ini malah buntung,” papar Kapolres. Atas perbuatanya itu, penyidik menjerat tersangka dengan pasal 363 Ayat 1 KUHP tentang pencurian pemberatan hewan ternak ancaman penjara selama lamanya 7 tahun. (*)

Reporter : Rosyid Putra
Editor : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here