Beranda Wisata Hiburan Tulungagung Pecahkan Rekor Lodho Ayam Suwir Pincuk

Tulungagung Pecahkan Rekor Lodho Ayam Suwir Pincuk

BERBAGI
Rekor sajian Lodho Ayam Suwir Pincuk dipecahkan oleh Pemkab Tulungagung dan Muslimat NU Tulungagung. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Pemkab Tulungagung memecahkan rekor sajian Lodho Ayam Suwir Pincuk dengan jumlah terbanyak yakni 9.738 porsi. Pemecahan rekor digelar bersama pengurus Muslimat NU Cabang Tulungagung di GOR Lembu Peteng Tulungagung, Minggu (29/9/2019).

Wakil Sekretaris Muslimat NU Tulungagung, Romlah mengatakan, pemecahan rekor sajian Lodho Ayam Suwir Pincuk karena hanya di Tulungagung makanan tersebut ada. Pemecahan rekor ini memperingati hari jadi Kabupaten Tulungagung ke-814 dan hari lahir Muslimat NU ke-73.

“Nasi lodhonya suwir, ayamnya disuwir tidak dipotong dengan pisau, ini khas Tulungagung,” ujar Romlah kepada reporter AGTVnews.com. Lodho merupakan olahan ayam dengan bumbu santan pedas.

| simak video berita terkait:

Romlah menjelaskan, masing-masing ranting dalam organisasinya menyumbangkan sekitar 50 buah nasi lodho suwir kemudian dikumpulkan hingga mencapai jumlah 9.738 porsi dan 14 tumpeng. “9 itu lambangnya NU, 73 itu hari lahir Muslimat kemudian 814 itu hari jadi Tulungagung,” bebernya.

| Baca Juga:  Ramai-ramai Makan Lele, Ribuan Muslimat di Kediri Pecahkan Rekor Muri

Manajer Museum Record Indonesia (MURI), Aryani Siregar mengatakan, pemecahan rekor yang dilakukan Pemkab Tulungagung dan Muslimat kali ini adalah pemecahan rekor yang ke-9. “ini yang ke-9 di Kabupaten Tulungagung, sejak tahun 2015 yang lalu kita pernah 8 kali ke sini untuk mencatatkan beberapa Rekor MURI,” terangnya.

Aryani menyebut, pemecahan rekor ini merupakan rekor ke-9199, dalam urutan rekor MURI sebagai rekor dunia, karena masakan nasi lodho Suwir hanya ada di Tulungagung. “Kalau untuk urutan rekornya 9199 untuk rekor MURI sebagai rekor dunia,” pungkasnya.

| Baca Juga:  Ribuan Peserta Ramaikan Tari Gemu Famire di Simpang Lima Gumul

Delapan rekor MURI yang pernah diraih Pemkab Tulungagung adalah melukis pada batang rokok dengan peserta terbanyak, pemilihan kades serentak terbanyak dengan 189 kades, kemudian bakar ayam dengan jumlah peserta terbanyak, penyajian ketupat terbanyak dengan jumlah 12.898 ketupat.

Serta pembuatan cenil terpanjang, bermain dakon dengan peserta terbanyak, penyajian pecel lele sebanyak 5.180 sajian dan parade reog kendang dengan peserta sebanyak 2.400 peserta.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here