Beranda Peristiwa 2000 Warga Kalidawir Tulungagung Kekurangan Air Bersih

2000 Warga Kalidawir Tulungagung Kekurangan Air Bersih

BERBAGI
Kapolres Tulungagung AKBP Eva Guna Pandia memimpin droping air bersih di lokasi kekeringan Kecamatan Kalidawir. (foto: firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Musim kemarau yang berkepanjangan mengubah ribuan warga di Kecamatan Kalidawir Tulungagung mengubah pola hidup. Demi menghemat air, warga 5 desa di Tulungagung selatan ini hanya mandi sekali sehari bahkan tidak mandi bila tidak memiliki keperluan.

Kepala Kantor Kecamatan Kalidawir, Hari Prasetyo mengatakan, sejak sebulan terakhir kekeringan yang melanda wilayahnya terbilang sangat parah. Sedikitnya 2000 warga di 5 desa terdampak kekeringan tersebut. Yakni Desa Winong, Desa Banyuurip, Desa Kalibatur, Desa Rejosari dan Desa Joho.

“Iya beneran sebagian ada yang harus mandi sekali sehari untuk menghemat air, terutama sebulan terakhir ini,” ujarnya kepada reporter AGTVnews.com, Selasa (29/10/2019).

Guna mencukupi kebutuhan air bersih, pihaknya menggantungkan pasokan dari BPBD serta instansi lainnya seperti Polres Tulungagung dan pihak swasta.

| Baca Juga:  Lahan Tebu Dekat Pemukiman Terbakar, Warga Panik

“Upaya kita ya meminta bantuan setiap hari untuk pengiriman air. Karena memang sumber air sudah tidak ada yang mengalir,” jelasnya.

Kedepannya menurut Hari Prasetyo, pihaknya sudah meminta masing-masing pemerintah desa untuk mengalokasikan Dana Desa tahun untuk mengatasi masalah kekeringan. Yakni dengan membuat pompa air dengan kapasitas besar untuk mencukupi pasokan air.

Sementara itu Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, Selasa siang ini pihaknya mengirimkan 5 tanki air bersih ke 5 desa yang mengalami kekeringan di kecamatan Kalidawir Tulungagung.

“Harini kita droping air ke Kecamatan Kalidawir. Ini bentuk kepedulian kepada masyarakat karena warga mengalami kekurangan air bersih,” ujarnya. Pihaknya berharap, langkah tersebut bisa diikuti oleh instansi lain yang ada di Tulungagung.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here