Beranda Ekonomi Bisnis Batik Kaca Seniman Tulungagung Banyak Diburu Pelanggan

Batik Kaca Seniman Tulungagung Banyak Diburu Pelanggan

BERBAGI
beragam jenis batik kaca hasil kreasi Budi. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Menggambar motif batik biasa dilakukan diatas kanvas maupun kain, namun tidak dengan yang dilakukan oleh Budiono. Seorang seniman batik asal Desa Majan Kecamatan Kedungwaru Kabupaten Tulungagung ini.

Sejak 5 tahun yang lalu, Budiono memanfaatkan media berbahan kaca seperti piring, gelas, toples dan botol sebagai media lukisnya.

Ditemui di rumahnya, laki-laki 47 tahun ini mengatakan, motif batik kontemporer seperti batik dengan bentuk flora dan fauna menjadi motif yang paling banyak dia buat. |Dengan tambahan motif tersebut gelas yang awalnya biasa-biasa saja berubah menjadi benda berharga yang memiliki nilai seni dan nilai jual lebih.

“Biasanya motif batik seperti flora dan fauna yang banyak digambar,” ujarnya.

| Baca Juga:  Gudang Tempat Menyimpan Barang Habis Terbakar

|video rekomendasi untuk anda:

 

Budiono menyebut, untuk bisa dihiasi dengan motif batik, permukaan gelas maupun kaca harus terlebih dahulu dibersihkan. Kemudian dirinya memulainya dengan membuat pola batik menggunakan cat khusus.

Setelah pola terbentuk lalu dilanjutkan dengan menambahkan warna menggunakan cat kaca. Budiono mengakui cat kaca tidak dijual disembarang toko, dan untuk mendapatkan harus membelinya di kota-kota besar dengan harga yang tidak murah.

“Harganya juga cukup mahal dan adanya hanya di beberapa daerah seperti Jakarta dan Bandung,” imbuhnya.

Pria ramah yang sehari-hari bekerja di bidang konveksi ini mengakui, awalnya hanya mencoba-coba melukis diatas media kaca. Kemudian dengan ketekunannya, dirinya mencoba berbagai teknik dan hingga akhirnya bisa membuat karya-karya yang cukup digemari masyarakat.

| Baca Juga:  Polisi di Tulungagung Razia Pelajar Bolos

Batik kaca karya Budi dijual dengan harga mulai dari Rp 20 ribu sampai ratusan ribu rupiah, tergantung kesulitan dan motif batiknya. Kini masyarakat banyak memanfaatkan karya Budi untuk souvenir, pernak-pernik pelengkap interior dan souvenir pernikahan.

“Kita juga menjual melalui online, biasanya permintaan banyak saat musim pernikahan dan menjelang lebaran,” pungkasnya.

Nah, ternyata batik tidak hanya untuk kain maupun kanvas saja. Peralatan kaca pun bisa dibatik dan hasilnya sungguh indah.(*)

Reporter:Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here