Beranda Peristiwa Ini Sirup ‘Semprotan’ Penyebab Keracunan Bocah TK di Tulungagung

Ini Sirup ‘Semprotan’ Penyebab Keracunan Bocah TK di Tulungagung

BERBAGI
sirup semprotan ini diduga penyebab keracunan dua bocah tk di Tulungagung.(foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Pihak sekolah RA al Wathoniyah Kalidawir Tulungagung menyerahkan beberapa sampel sirup semprotan ke Puskesmas Tanggungri Kalidawir. Hal ini dilakukan agar puskesmas bisa melihat kandungan bahan jajanan yang diduga penyebab keracunan.

Salah satu guru RA Al Wathoniyah, Muhimatul Naimah mengatakan, setelah mengetahui dua muridnya mengalami keracunan, kemudian pihaknya langsung meminta murid lain untuk menyerahkan jajanan semprotan yang sudah dibeli namun belum dikonsumsi.

“Tadi murid-murid yang sudah beli tapi belum diminum kami minta. Ada juga yang sudah dibuang. Kemudian kita kumpulkan untuk kita tunjukkan kepada puskesmas,” terangnya.

| Baca Juga:  Perahu Penyeberangan Sungai Brantas Alternatif Hindari Macet

Muhim menambahkan, dalam kemasan tidak ditemukan keterangan kandungan bahan dan komposisi jajanan. “Ndak ada BPOM nya, kompisisinya apa ya ndak tertulis. Yang ada cuman tulisan Syrup berbagai rasa,” Ucapnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Tunggangri Kalidawir Tulungagung, Dony Wahyu mengatakan pihaknya mendapatkan 4 jajanan semprot yang diamankan pihak sekolah. “Kita dapat 4 ini dari sekolah, kita juga belum tau didalamya ada apa saja,” ungkap Doni.

Untuk memastikan kandungannya perlu dilakukan uji laboratorium. Namun sekilas dari salah satu botol yang digunakan untuk wadah syrup tersebut mirip dengan wadah inhaller yang biasa digunakan untuk obat pelega hidung dan tenggorokan.

| Baca Juga:  Keracunan Mie Ayam, 9 Orang Dilarikan ke Rumah Sakit

“Kita serahkan kepada pihak kepolisian, selanjutnya akan diujilabkan,” pungkasnya.

Sebelumnya dua bocah TK dari RA al Wathoniyah Kalidawir Tulungagung AQ dan NV mual-mual dan muntah setelah mengkonsumsi sirup semprotan saat jam istirahat.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma