Beranda Pemerintahan Keluarga Tidak Siap Pilih Pasung ODGJ

Keluarga Tidak Siap Pilih Pasung ODGJ

BERBAGI
Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Sebanyak 9 orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) di Kabupaten Blitar masih menjalani pemasungan. Jumlah ini menjadi pekerjaan rumah bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, mengingat Dinkes mentargetkan bebas pasung tahun ini.

Kepala Bidang Pencegahan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Blitar, Krisna Yekti mengatakan, selama 2019 tercatat 19 ODGJ Kabupaten Blitar hidup dalam pasungan. Hingga Agustus 2019 ada sepuluh ODGJ berhasil dibebaskan. Sementara sembilan ODGJ yang masih dipasung.

Mereka yang dipasung ini masuk dalam kategori ODGJ berat. Artinya kondisi sakit jiwanya sudah parah. Ditambah dengan pihak keluarga yang belum siap merawat jika pasien ODGJ dibebas pasungkan, sehingga proses pembebasan membutuhkan waktu cukup lama.

“Sembilan orang ini merupakan yang tersulit yang kita hadapi saat ini. Kita sudah melakukan pendekatan ke pihak keluarga namun memang mereka belum berkenan,” ungkap Krisna, Kamis (3/10/2019).

| Baca Juga:  ODGJ di Kota Blitar Antusias Gunakan Hak Pilih

Krisna menambahkan alasan pihak keluarga tidak mengizinkan karena pernah mengalami trauma. Trauma ini diakibatkan karena sebelumnya pernah mengamuk hingga mengancam nyawa. Meski begitu, Dinkes melalui petugas Puskesmas terus melakukan upaya persuasif agar pihak keluarga mengizinkan petugas melakukan pembebasan.

“Yang belum bebas ini kami terus koordinasikan dengan lintas sektor maupun masyarakat sekitar. Agar keluarga mengizinkan untuk membebas pasungkan,” imbuhnya.

Dinkes Blitar secara rutin juga tetap memberikan pengobatan dan perawatan terhadap ODGJ yang masih dipasung melalui petugas Puskesmas. Mereka juga diawasi petugas dari Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM).

“Kami rutin datangi. Kami obati, kalau pihak keluarga sudah mengizinkan pelan-pelan alat yang digunakan untuk memasung akan dilepas,” imbuh Krisna.

ODGJ yang belum dibebaskan ini diantaranya ada dari Kecamatan Bakung, Kademangan, Srengat dan Wonodadi.(*)

Reporter:Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here