Beranda Peristiwa Kemarau Panjang Kekeringan di Tulungagung Meluas

Kemarau Panjang Kekeringan di Tulungagung Meluas

BERBAGI
mobil tangki air bersih dari Pemkab Tulungagung dikirimkan ke daerah yang mengalami kekeringan.(foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Kemarau panjang yang melanda di Indonesia mengakibatkan luasan kekeringan bertambah. Di Tulungagung jumlah desa yang terkena kekeringan ini menjadi 12 desa yang tersebar di 7 Kecamatan. Sebelumnya tercatat 9 desa di 5 kecamatan yang mengalami kekeringan.

Bupati Tulungagung, Maryoto Bhirowo mengatakan kekeringan yang dialami kabupaten Tulungagung di tahun ini tak separah tahun sebelumnya, jika di tahun sebelumnya terdata 16 desa mengalami kekeringan, saat ini terdata 12 desa.

“Tahun ini tak separah tahun lalu, tahun lalu 16 desa tapi tahun ini 12 desa, semoga segera berakhir saat musim hujan tiba,”terangnya, Rabu (23/10/2019).

| Baca Juga:  Sengketa Alih Fungsi Gunung Bolo, Dimenangkan Yayasan Perkumpulan Rukun Sejati

Meski kondisinya tidak separah tahun sebelumnya, namun pemerintah daerah tetap melakukan persiapan dengan mengirimkan air bersih setiap hari ke lokasi-lokasi yang membutuhkan.

“Kita kirimkan tanki air ke desa-desa yang membutuhkan. Harapannya bisa membantu masyarakat mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari,” ungkapnya.

Maryoto menjelaskan, pengiriman ini akan terus dilakukan sesuai dengan kebutuhan warga masyarakat di lokasi tersebut, sampai musim hujan datang dan kekeringan teratasi. “Terus akan kita berikan sesuai permintaan warga,” tambahnya.

Dari data Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Tulungagung wilayah yang mengalami kekeringan diantaranta Desa Kalibatur, Karangtalun dan Winong di kecamatan Kalidawir, kemudian desa Besuki kecamatan Besuki, Desa Tenggarrejo, Kresikan dan Pakisrejo kecamatan Tanggunggunung.

| Baca Juga:  Hasil Uji Lendutan Jembatan Ngujang, Tunggu Seminggu Lagi

Selain itu Desa Karadinan, Mulyoasri dan Sidomulyo kecamatan Pagerwojo, desa Demuk kecamatan Pucanglaban dan desa Picisan kecamatan Sendang.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here