Beranda Peristiwa Kondisi Wamena Mencekam, Warga Tulungagung Pilih Pulang Kampung

Kondisi Wamena Mencekam, Warga Tulungagung Pilih Pulang Kampung

BERBAGI
Riza memilih meninggalkan harta bendanya di Wamenan dan pulang kampung ke Tulungagung. (foto: Firmanto Imansyah)

AGTVnews.com – Kerusuhan Wamena menjadi satu duka tersendiri bagi anak negeri. Sejumlah pendatang yang ada di tempat ini berhamburan memilih pulang ke kampung asalnya, agar selamat dari kerusuhan.

Salah satunya adalah, Riza Abdullah Khoir (25 tahun) warga Kelurahan Bago Kecamatan Tulungagung. Riza yang bekerja sebagai tukang ojek dan buruh bangunan ini, memilih pulang ke Tulungagung pasca kerusuhan di Wamena pada 23 September yang lalu.

Riza mengaku pulang tidak sendirian, ada warga Tulungagung lainnya yang memilih j pulang kampung pasca kerusuhan. Satu teman lainnya itu adalah Andik, warga Desa Serut kecamatan Boyolangu. Dirinya baru tahu jika Andik memilih pulang setelah sama-sama berada di Tulungagung.

“Ada lagi satu orang rumahnya di sekitar Serut Boyolangu, namanya Andik. Itu kita satu lokasi di sana (wamena),” ujar Riza, Selasa (8/10/2019).

Riza menjelaskan, saat ini masih ada sekitar 20an warga Tulungagung yang merantau ke Wamena namun belum diketahui pasti kabarnya. Apakah mereka akan pulang atau tetap tinggal disana.

Menurutnya, terakhir kali dirinya bertemu dengan beberapa warga Tulungagung saat berada di titik kumpul pengunsian yang ada di Wamena. Mereka sedang menunggu giliran untuk dipulangkan oleh TNI menggunakan pesawat Hercules.

“Ada puluhan, sampai 20an. Ndak tahu sekarang kondisinya bagaimana. Saya mulai meninggalkan Wamena itu 29 September dan sudah ndak ketemu mereka,” ungkapnya.

Mereka merupakan warga Tulungagung yang bekerja di Wamena, mulai berdagang sampai ada yang bekerja sebagai pekerja di proyek-proyek pembangunan maupun tukang ojek seperti dirinya.

“Kalau korban jiwa ndak ada, kalau yang kehilangan rumah karena di bakar itu ada, yakni Hamzah warga desa Batokan kecamatan Ngantru,” pungkasnya.

Pasca kejadian kerusuhan tersebut, Riza memilih tidak kembali ke Wamena sementara waktu. Menurutnya saat ini jumlah pendatang di Wamena hanya tinggal 20 persen saja dan kondisi perekonomian juga belum kembali pulih. (*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here