Beranda Politik Maju Jadi Calon Independen Pilkada Blitar, Ini Syaratnya

Maju Jadi Calon Independen Pilkada Blitar, Ini Syaratnya

BERBAGI
Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis, Nikmatus Sholihah. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – KPU Kabupaten Blitar menetapkan jumlah minimal dukungan calon perseorangan untuk menjadi calon Bupati Blitar pada Pilkada serentak 2020.

Calon independen yang akan maju dalam Pilkada Kabupaten Blitar 2020 harus memiliki minimal 70. 788 surat dukungan calon pemilih. Jumlah dukungan untuk calon perseorangan ini wajib dipenuhi oleh para kandidat dari jalur non partai tersebut.

Komisioner KPU Kabupaten Blitar Divisi Teknis, Nikmatus Sholihah mengatakan, KPU Kabupaten Blitar sudah melakukan rapat pleno penetapan syarat minimal dukungan calon perseorangan Pilkada 2020.

“Kami sudah lakukan rapat pleno, dimana dalam pleno itu kami menetapkan syarat dukungan minimal calon perseorangan harus memiliki dukungan sebanyak 70.788. Angka ini sesuai Undang-undang nomor 10 tahun 2016, dimana jumlah syaratnya 7,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) terakhir, yakni pada Pemilu 2019 sebanyak 943.840 pemilih,” ungkap Nikmatus Sholihah, Kamis (31/10/2019).

Jumlah dukungan itu harus tersebar di lebih dari 50 persen dari jumlah kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar. Ini berarti dari 22 kecamatan di Kabupaten Blitar dukungan itu minimal harus tersebar di 12 kecamatan.

| Baca Juga:  Awas! Klinik Kecantikan di Blitar Tak Berizin

“Syarat dukungan ini harus tersebar minimal 50 persen lebih dari jumlah kecamatan di Kabupaten Blitar. Nah, jumlah kecamatan di Blitar kan ada 22, kalau lima puluh persenya lebih, berarti harus tersebar minimal di 12 kecamatan,” imbuhnya.

Sesuai tahapan, terkait syarat minimal itu baru diunggah dilaman web KPU. Karena saat ini belum memasuki tahapan sosialisasi. Sosialisasi baru akan dimulai pada akhir November sampai 8 Desember 2019 mendatang.

Nikmatus menambahkan, pengumpulan berkas syarat minimal dukungan calon dimulai 11 Desember 2019 hingga 5 Maret 2020. “Dengan waktu yang cukup lama ini, maka calon perseorangan yang berminat maju dalam Pilkada bisa menyiapkannya dari sekarang,” pungkasnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here