Beranda Ekonomi Bisnis Miniatur Kapal Pinisi Keren Karya Pemuda Difabel

Miniatur Kapal Pinisi Keren Karya Pemuda Difabel

BERBAGI
Sobirin dan miniatur kapal pinisi keren hasil kerajinan tangannya.(foto: wiji guntoro)

AGTVnews.com – Seorang pemuda di Kediri mampu membuat miniatur kapal Pinisi yang megah dari bahan bambu apus. Namun pemuda ini bukanlah pemuda biasa, Sobirin, pemuda warga Desa Pranggang kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri adalah seorang difabel.

Dirinya mengalami cacat fisik akibat terjatuh dari pohon setinggi 7 meter pada dua tahun lalu. Meski demikian Sobirin tidak patah semangat. Belajar dari seorang temannya di Solo, Sobirin mampu membuat miniatur kapal indah ini.

Sobirin mengatakan, miniatur kapal ini dibuatnya dari bahan sederhana dan peralatan seadanya. Bambu apus adalah bahan utama, yang didapatnya dari tetangga di desanya. sementara peralatan yang digunakan yakni gergaji, gerinda, lem dan pisau raut.

| simak video berita terkait:

“Bahannya bambu apus, saya dapat dari tetangga dekat sini saja. Kalau alat-alatnya ya sederhana saja,” ucap Sobirin.

Bambu apus yang sudah dipotong kemudian dikeringkan. Setelah itu bambu kemudian diraut dan dibelah untuk dibentuk menjadi lambung kapal.

| Baca Juga:  Miniatur Truk Dari Limbah Mebel Laris Manis

“Lama pembuatan tergantung dari model yang diminta. Kalau yang ukuran kecil dan bentuknya sederhana dibutuhkan waktu sekitar 2 hari. Kalau ukuran besar bisa 3 minggu sampai 1 bulan,” jelasnya.

Sobirin menambahkan untuk pemasaran ia lakukan melalui media sosial dan juga melalui pameran kreatif. “Untuk harga yang kecil berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp 80 ribu. Sementara untuk yang ukuran besar antara Rp 600 ribu hingga 1 jutaan. Pemasarannya masih sekitar Jawa Timur saja,” ucapnya.

Miniatur kapal pinisi buatan Sobirin ini tahan terhadap kutu kayu maupun anti keropos. Sobirin selalu melapisi hasil karyanya dengan plitur dan vernis. selain agar lebih awet juga menambah keindahan. Miniatur ini juga dimasukkan kedalam kaca sehingga lebih tahan lama.

Gimana nih, berminat menmabah hiasan rumah. Silahkan datang ke rumah Sobirin atau juga tengok media sosialnya.(*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here