Beranda Pemerintahan Nyalon Kades, Kapolsek Lotim Blitar dapat Restu

Nyalon Kades, Kapolsek Lotim Blitar dapat Restu

BERBAGI
Kabag Ops Polres Blitar Kompol Kompol Wachid Arifaini. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Kapolsek Lodoyo Timur (Lotim), Kabupaten Blitar AKP Sukadi maju mencalonkan diri sebagai kepala desa (kades). Sukadi maju dalam Pilkades Desa Bacem Kecamatan Sutojayan, pada Pilkades serentak 167 Desa pada 15 Oktober 2019 mendatang.

Majunya AKP Sukadi sebagai salah satu kontestan Pilkades ini dibenarkan Polres Blitar. Kabag Ops Polres Blitar Kompol Wachid Arifaini mengatakan, AKP Sukadi bahkan telah mendapatkan restu dari Kapolda Jawa Timur Irjen Pol Luki Hermawan.

“Benar, jadi ada satu anggota Polres Blitar yang masih aktif dan menjabat sebagai Kapolsek Lodoyo Timur yang mencalonkan diri sebagai kepala desa. Beliau sudah mendapatkan izin dari bapak Kapolda dan diperbolehkan (maju Pilkades),” ungkap Arifaini, Rabu (9/10/2019).

| Baca Juga:  Diduga Bagikan Uang, Botoh Pilkades Digelandang ke Polres Kediri Kota

Kompol Wachid Arifaini menambahkan, meskipun maju Pilkades sesuai aturan AKP Sukadi tidak harus mundur sebagai anggota Polri. AKP Sukadi hanya mendapatkan cuti pada saat hari H pemungutan suara.

Jika terpilih AKP Sukadi harus menyerahkan jabatanya sebagai Kapolsek ke Kapolres untuk dicarikan penggantinya. Namun apabila tidak terpilih maka yabg bersangkutan akan kembali melaksanakan tugasnya sebagai Kapolsek.

“Kalau terpilih otomatis sebelum pelantikan sebagai Kades terpilih harus menyerahkan tugasnya sebagai Kapolsek ke Kapolres untuk dicarikan pengganti. Namun kalau tidak terpilih AKP sukadi tetap akan kembali menjalankan tugasnya sebagai anggota Polri,” jelasnya.

| Baca Juga:  Antisipasi Botoh Pilkades, Polres Terjunkan Satgas Anti Judi

Meski ada anggota Polres Blitar yang mencalonkan diri sebagai Kades, Arifaini menjamin kepolisian tetap bersikap netral. Ia juga menginstruksikan jajarannya agar menjaga netralitas dan kondusifitas selama tahapan Pilkades berlangsung.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor  : Linda Kusuma