Beranda Advetorial Operator se-Kabupaten Blitar Ikuti Sosialisasi Data Pokok Pendidikan

Operator se-Kabupaten Blitar Ikuti Sosialisasi Data Pokok Pendidikan

BERBAGI
operator se-Kabupaten Blitar mendapatkan sosialisasi dapodik. (foto:ana alana)

AGTvnews.com – Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar menggelar sosialisasi data pokok pendidikan (Dapodik), Selasa (8/10/2019). Peserta sosialisasi ini merupakan operator dari lembaga pendidikan Paud, Pendidikan Non Formal (PNF), SD dan SMP se-Kabupaten Blitar.

Rahadian, Kasubag Penyusunan Program Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar mengatakan total ada 1.888 lembaga yang mengikuti sosialisasi ini. Mereka akan mengikuti sosialisasi secara bertahap sejak Selasa 8 Oktober hingga Jumat 11 Oktober 2019.

“Sesuai regulasi yang ada kami memiliki tupoksi membina dan mengawasi lembaga pendidikan dalam hal ini operator. Sosialisasi ini dilaksanakan empat hari, total ada 1.888 lembaga yang mengikuti sosialisasi ini,” ungkap Rahadian.

Sosilisasi ini penting dilukan karena aplikasi Dapodik setiap tahun diupdate. Untuk itu lembaga pendidikan perlu mengetahui dimana letak perubahanya.

| Baca Juga:  Dinas Peternakan Blitar Mulai Lakukan Pemeriksaan Kelayakan Hewan Kurban

Selain itu, Dapodik merupakan urat nadi sekolah. Dimana di dalam Dapodik terdapat semua pendataan peserta didik, Sarpras, dan data lainnya yang berhubungan dengan semua kebijakan yang dikeluarkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Misalnya Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Aneka Tunjangan Guru, bantuan Sarana Prasarana, dan data peserta UN.

“Dengan ini kami berharap, para operator kedepan dapat meningkatkan kelengkapan akurasi dan kebenaran data yang dikirimkan melalui aplikasi Dapodik,” imbuhnya.

Ada beberapa materi utama yang disampaikan oleh narasumber berkompeten dalam sosialisasi ini. Diantaranya kebijakan pendataan pendidikan, aplikasi Dapodik terbaru, Smart City, literasi digital dan PPDB Online. (Kmf)

Advetorial Dinas Kominfo Kabupaten Blitar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here