Beranda Viral Ulala, Kelezatan Oseng Jambu Mete Khas Nganjuk Mantul Guys!

Ulala, Kelezatan Oseng Jambu Mete Khas Nganjuk Mantul Guys!

BERBAGI
dibalik tampilan sederhana ini, ternyata tersimpan rasa yang endes guys.(foto:andri purwanto)

AGTVnews.com – Jambu mete atau jambu monyet dikenal sebagai buah berair yang rasanya asam dan sepat. Namun biji buah ini justru dikenal sebagai kacang yang rasanya nikmat sekali dan banyak disuka.

Tahukah kalian, seorang warga asal Desa Ngetos Kecamatan Ngetos, Rini, ternyata mampu mengolah jambu monyet menjadi oseng-oseng dengan rasa yang mantul. Dijual dengan harga Rp 5.000 per porsi, makanan ini ternyata menjadi kuliner khas Nganjuk.

Menurut Rini, oseng-oseng jambu mete ini adalah resep keluarganya sejak puluhan tahun lalu. Berawal dari melimpahnya jambu mete di rumahnya, kemudian diolah ibunya menjadi oseng-oseng yang rasanya nikmat.

“Dulu ibu saya yang membuat. Karena pada saat itu rumah saya banyak jambu mete ini. Jambunya dioseng, pedas, kok rasane enak. Sekarang ini saya coba lagi untuk dijual, kok pada suka,”ucap Rini, Minggu (6/10/2019).

|video rekomendasi untuk anda:

 

Cara Mengolah Oseng-oseng Jambu Mete:

Rasa nikmat oseng-oseng ini ternyata didapat dari olahan yang sederhana. Rini mengatakan, tidak ada perlakuan khusus untuk membuat oseng-oseng jambu mete ini. Jambu yang sudah matang, diiris tipis-tipis kemudian diperas untuk mengeluarkan getahnya.

“Setelah diperas itu, kemudian dijemur. Setelah kering siap di olah menjadi oseng mete. Bumbu-bumbunya ya seperti oseng biasa itu, sama ada bumbu spesial warisan keluarga,” imbuh Rini.

| Baca Juga:  TNI dan Warga Gotong Royong Bangun Rumah Tidak Layak Huni

Oseng-oseng ini biasanya disajikan bersama nasi tiwul atau nasi jagung serta ikan asin. Rasanya yang nikmat membuat siapapun tidak ingin berhenti untuk makan.

Serasa Makan Oseng Ampela Ati

Menurut salah satu penikmat masakan ini, Sudarminto, oseng-oseng jambu mete ini rasanya sama dengan oseng-oseng ampela ati. “Tidak ada rasa kecut dan sepat. Kaget saya makannya. Kok enak seperti oseng-oseng ati rasanya. Empuk dan nikmat,” ujar Sudarminto.

Jambu mete diketahui memiliki beragam kandungan vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, fosfor, zat besi, protein, dan air. Selain itu buah ini juga memiliki senyawa kimia yang bermanfaat sebagai anti bakteri dan anti septik,seperti tannin dan anacardic acid.

Selain oseng jambu mete, anda juga bisa temukan oseng buah-buahan lain seperti oseng pelem atau mangga. Nah kepingin mencoba? Kuliner asyik ini bisa anda temukan di Kecamatan Ngetos Kabupaten Nganjuk. (*)

Reporter: Andri Purwanto
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here