Beranda Pemerintahan Pilkades Serentak Blitar, Kedua Istri Wabup Ikut Maju Nyalon

Pilkades Serentak Blitar, Kedua Istri Wabup Ikut Maju Nyalon

BERBAGI
Kedua istri Wabup Blitar ikut maju nyalon kembali sebagai kepala desa sebagai calon petahana.(foto:ana alana)

AGTVnews.com – Pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Blitar bakal digelar hari ini, Selasa (15/10/2019). Dari 167 desa yang menggelar Pilkades, ada tiga desa yang memiliki calon kades dengan latar belakang berbeda dengan calon lain.

Di Desa Bacem Kecamatan Sutojayan, salah satu calon Kades merupakan anggota Polri aktif. Dia adalah AKP Sukadi, yang saat ini menjabat sebagai Kapolsek Lodoyo Timur (Lotim) Polres Blitar.

Saat dikonfirmasi, Sukadi mengaku motivasinya maju menjadi Cakades adalah agar tetap bisa mengabdi di masyarakat. Mengingat dirinya bakal pensiun pada 2021 mendatang.

“Warga desa mendukung dan mendorong saya untuk maju Pilkades. Kebetulan tugas saya di kepolisian juga akan purna pada 2021 mendatang. Saya mengiyakan dorongan warga agar bisa tetap mengabdi untuk masyarakat. Utamanya di kampung halaman saya,” tutur Sukadi, Senin (14/10/2019).

Sementara di Kecamatan Talun, dua calon kades perempuan yang juga petahana akan meramaikan Pilkades di Desa Bendosewu dan Desa Wonorejo. Keduanya tak lain adalah istri sah Wakil Bupati Blitar, Marhaenis Urip Widodo, yaitu Halla Unaryanti, (48) dan Fendriana Anitasari (33).

Istri pertama Halla Unariyanti, merupakan petahana Kades Bendosewu, sementara istri kedua Fendriana, merupakan petahana Kades Wonorejo. Kedua desa ini, juga letaknya berbatasan satu sama lainya, Wonorejo di sisi utara sementara Bendosewu di selatanya.

| Baca Juga:  Antisipasi Botoh, Laki-laki di Tulungagung Ajak Anak Istri Ikut 'Nyalon' Pilkades

“Dukungan dari masyarakat Desa Wonorejo memotivasi saya untuk kembali maju. Selain itu saya juga dapat dukungan penuh dari suami,” tutur Fendriana, ditemui di kediamanya.

Wanita yang akrab disapa Fendri ini mengaku kompak dengan
Halla Unariyanti. Bahkan keduanya sering bertukar pikiran dan berdiskusi soal persiapan maju Pilkades. Kedua istri Wabup ini memang selalu terlihat kompak dalam beberapa acara bersama suami tercinta.

“Sering banget kami berdua bertukar pikiran, kami sering memberi masukan satu sama lain dan sharing menjelang pelaksanaan pilkades dengan Mbak Uun (panggilan Halla Unariyanti),” ujar Fendriana.

Sementara, saat dikonfirmasi melalui telepon Halla Unariyanti, calon kades Bendosewu tak banyak memberikan keterangan. “Besok saja ya,” kata Halla melalui sambungan telefon.

Meski begitu pantauan di lapangan terlihat di sejumlah titik di jalan desa setempat, foto Halla Unariyanti yang akan bertarung di Pilkades serentak terpampang di lapangan desa bersama calon lainya.

Kabag Tata Pemerintahan Kabupaten Blitar Bambang Dwi Purwanto mengatakan terkait pencalonan dua istri wabub, tidak ada aturan perundang-undangan yang melarang istri kepala daerah mencalonkan diri sebagai kepala desa. “Produk peraturan baik undang-undang hingga peraturan daerah tidak ada masalah,” kata Bambang.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here