Beranda Peristiwa Bencana Kekeringan Juga Terjadi di Kota Blitar

Bencana Kekeringan Juga Terjadi di Kota Blitar

BERBAGI
Petugas BPBD Kota Blitar melakukan droping ai bersih ke pemukiman warga. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Panjangnya musim kemarau tahun ini berdampak bagi warga Kelurahan Ngadirejo dan Kelurahan Sentul Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Sebagian warga kekurangan air bersih karena sumurnya kering.

Kepala Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah (PBD) Kota Blitar, Hakim Sisworo mengatakan, kekurangan air bersih akibat kemarau baru pertama kali ini terjadi di Kota Blitar. Akibat mengeringnya sumur warga ini, setidaknya ada 16 KK di Kelurahan Ngadirejo dan 11 KK di Kelurahan Sentul kekurangan air bersih.

“Untuk mengatasi hal ini setiap hari PBD mengirim tiga tangki air bersih ke warga di Kelurahan Ngadirejo dan Sentul,” ungkap Hakim Sisworo, Minggu (10/11/2019).

Hakim tidak membantah jika dampak dari kemarau panjang di Kota Blitar memang meluas. Sebelumnya pihaknya hanya mendapatkan laporan jika kekurangan air bersih hanya dialami warga Kelurahan Sentul saja namun terakhir meluas hingga Kelurahan Ngadirejo.

| Baca Juga:  Sumber Mata Air Menyusut Warga Blitar Gunakan Air Keruh

Hakim meminta, pemerintah di Kelurahan Ngadirejo dan Sentul untuk terus mendata warganya yang mengalami kekurangan air bersih. Ia juga meminta kelurahan lain untuk segera melapor jika ada warganya yang mulai susah mendapatkan air bersih.

“Kalau ada yabg kekurangan segera lapor ke kami agar segera mendapatkan dropping air bersih,” kata Hakim.

Sementara Ketua RT 1 RW 3 Kelurahan Ngadirejo, Yayuk mengatakan sebagian warga di lingkungannya mulai mengalami kekeringan sejak sebulan yang lalu. Beberapa warga sempat mengeruk sumur dan menurunkan pompa air agar sumber airnya muncul lagi. Namun yang didapat justru air keruh yang tidak bisa dikonsumsi.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here