Beranda Hukum Kriminal Inilah Wajah Lima Penipu Berkedok Praktik Penggandaan Uang

Inilah Wajah Lima Penipu Berkedok Praktik Penggandaan Uang

BERBAGI
inilah wajah para pelaku penipuan berkedok penggandaan uang. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Lima pelaku penipuan berkedok praktik penggandaan uang di Blitar berhasil diringkus Satreskrim Polres Blitar Kota. Kelimanya yaitu Ardi Junaidi alias Abah, Suhardiansyah, Rudiansyah dan Muhammad Rizal warga Kalimantan serta Rafli, warga asal Jakarta.

Kapolres Blitar Kota, AKP Adewira Negara Siregar mengatakan, pelaku diamankan saat berada di daerah Pasar Kembang, Yogyakarta. Mereka berhasil diidentifikasi dari rekaman CCTV hotel di Kota Blitar, tempat praktik penipuan penggandaan uang tersebut.

“Pelaku kami amankan kurang lebih 24 jam setelah kejadian. Ada lima pelaku mereka kami amankan di daerah Yogyakarta,” ungkap Kapolres Blitar Kota AKBP Adewira Negara Siregar, Jumat (8/11/2019).

Sejumlah barang bukti dari sindikat ini juga disita diantaranya beberapa handphone dan uang tunai hasil kejahatan senilai Rp 350 juta. “Uang tunai yang merupakan hasil kejahatan kelima pelaku tersisa Rp 350 juta dari jumlah total Rp 750 juta,” jelasnya.

| Baca Juga:  Polisi Amankan Pengedar Sabu Jaringan Lapas

Sebelumnya seorang pengusaha asal Kota Blitar, H, menjadi korban penipuan dengan modus penggandaan uang. Akibat aksi penipuan ini, H mengalami kerugian hingga Rp 750 juta.

Aksi penipuan ini terjadi di sebuah hotel di Kota Blitar. Salah satu pelaku yang dipanggil abah mengajak korban melakukan ritual di dalam kamar hotel setelah menyerahkan uang tunai sebesar Rp 750 juta.

Uang itu dijanjikan bisa digandakan hingga dua kali lipat atau menjadi Rp 1,4 miliar. Namun bukanya untung miliaran rupiah, uang korban justru dibawa kabur, diganti dengan tumpukan kertas HVS yang telah dipotong mirip lembaran uang kertas.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here