Beranda Peristiwa Keseruan Rebutan Koin Meriahkan Maulid Nabi di Kediri

Keseruan Rebutan Koin Meriahkan Maulid Nabi di Kediri

BERBAGI
keseruan bocah-bocah berebut uang koin memperingati maulid nabi. (foto:wiji guntoro)

AGTVnews.com – Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan umat muslim dengan berbagai cara. Salah satunya yang dilakukan warga lingkungan Kelurahan Jamsaren Kota Kediri. Setiap tahun warga memiliki tradisi unik yakni berebut uang koin wakaf masjid Jamsaren.

Tradisi ini sudah dilakukan sejak tahun 1908 lalu. Tidak hanya anak-anak saja, bahkan orang dewasa pun ikut berebut uang koin yang dilemparkan. Sebelum lempar uang dilakukan, takmir masjid dan jamaah terlebih dahulu membaca ayat suci Al Quran.

Menurut Muhammad Ansori, takmir Masjid Jamsaren, tujuan dari tradisi menyebar uang koin ini untuk mengajak anak-anak kecil rajin beribadah di masjid.

| Baca Juga:  5 Pasangan Mesum Terjaring Satpol PP di Hotel Kolombo

“Tujuannya biar anak-anak ini mau datang ke masjid. Kesannya berlebihan memang, karena membuang-buang uang atau rejeki. Namun warga Jamsaren menyadari dengan cara ini anak-anak mereka akan rajin beribadah ke masjid,” ucap Ansori, Jumat (8/11/2019).

Ansori menambahkan, dengan kegiatan lempar uang ini juga mengajarkan kepada anak untuk bersedekah, saling berbagi.

“Ada kalau total hingga Rp 5 juta uang receh. Masyarakat ini menabung mengumpulkan uang nya tersebut selama 1 tahun,” jelasnya.

Pecahan uang koin yang disebar yakni antara Rp 100 hingga Rp 1000. Diiringi pembacaan shalawat, uang koin tersebut dilempar dan menjadi bahan rebutan jamaah, terutama anak-anak yang sudah lama menunggu. Tidak jarang, terjadi senggolan, bahkan tubuh mereka saling bertubrukan.

| Baca Juga:  Tujuh Anjal Terjaring Razia Satpol PP

Namun, insiden ini tidak membuat luka. Terkadang bocah-bocah ini juga harus berebut dengan orang yang lebih dewasa. Justru kegiatan ini semakin merekatkan rasa kebersamaan mereka. (*)

Reporter: Wiji Guntoro
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here