Beranda Ekonomi Bisnis Kreatif, Warga Blitar Sulap Ban Bekas Jadi Sofa Cantik

Kreatif, Warga Blitar Sulap Ban Bekas Jadi Sofa Cantik

BERBAGI
Ban bekas disulap jadi kursi cantik. Ide kreatif Sarwono mendatangkan rupiah. (foto: ana alana)

AGTVnews.com – Tumpukan ban bekas sering kali disepelekan dan dianggap sampah. Namun di tangan Sarwono, ban bekas disulap menjadi sofa cantik dan memiliki nilai ekonomi tinggi.

Ditemui di rumahnya di Kelurahan Jatimalang Kecamatan Sananwetan Kota Blitar, Sarwono mengaku mendapatkan ide membuat sofa dari ban bekas ini berawal saat dirinya melihat limbah ban bekas yang berserakan di rumahnya. Ia kemudian berfikir keras untuk mendatangkan keuntungan dari ban bekas tersebut.

“Awalnya saya lihat banyak limbah ben bekas di rumah. Saya kemudian berfikir kalau dijual dalam bentuk ban gitu aja untungnya paling tidak seberapa. Dari situ muncul ide membuat sofa yang beda dari yang lain,” ungkap Sarwono, kepada reporter AGTVnews.com.

| Baca Juga:  Polisi Usut Pembuang Limbah Berbahaya di Kediri

Untuk membuat sofa yang cantik dan menarik, awalnya ban bekas dilubangi untuk memasang karet di lingkaran dalam ban. Setelah diberi karet kemudian dipasang spon atau busa agar empuk dan nyaman saat diduduki.

Tahap terakhir ban dibungkus menggunakan kain warna warni agar menarik. Tak lupa Sarwono memasang kaki di bawah sofa agar tidak licin. “Saya sengaja menggunakan kain yang warnanya terang atau mencolok agar semakin menarik,” jelas PNS di lingkup Pemkot Blitar ini.

Satu set sofa dari ban bekas terdiri dari empat sofa dan satu meja. Satu set dibandrol dengan harga Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

| Baca Juga:  Sapu Sabut Kelapa, Tetap Eksis Di Jaman Milenial

“Biasanya satu set pengerjaanya tiga sampai empat hari. Kalau untuk harga tergantung permintaan mau model yang seperti apa. Tapi kalau yang standar sekitar Rp 1 juta,” imbuhnya.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor : Yusuf Saputro

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here