Beranda Pendidikan Momen Hari Guru Siswa di Kota Blitar Basuh Kaki Pengajar

Momen Hari Guru Siswa di Kota Blitar Basuh Kaki Pengajar

BERBAGI
sejumlah siswa SDN Bendogerit 1 membasuh kaki guru mereka. (foto:ana alana)

AGTVnews.com – Sejumlah siswa di SD negeri Bendogerit 1 Kota Blitar memperingatinya dengan cara unik. Mereka membasuh kaki guru mereka.

Kegiatan siswa membasuh kaki guru itu berlangsung di halaman sekolah. Para siswa berjajar menghadap ke sembilan orang guru yang berposisi duduk. Di depan tempat duduk para guru terdapat timba berisi air. Sambil menyanyikan Hymne Guru, mereka mulai membasuh kaki para guru.

Susana haru mewarnai prosesi ini, beberapa guru terlihat tidak kuasa menahan air matanya. Usai dibasuh kakinya para guru mencium kepala siswa-siswinya.

| Baca Juga:  Kompleks Candi di Kota Blitar Akan Segera Diekskavasi

“Guru itu bagi saya adalah orang tua di sekolah. Pada hari guru saya berharap bapak dan ibu guru saya berumur panjang agar bisa terus berbakti menyalurkan ilmu,” ungkap Dimas Galih, salah satu siswa yang ikut prosesi basuh kaki.

Sementara Kepala SDN Bendogerit 1 Kota Blitar, Wiyono mengatakan prosesi basuh kaki ini adalah bagian pembentukan karakter terhadap para siswa. Dia berharap dengan peringatan Hari Guru Nasional ini para siswa semakin berbakti kepada para gurunya.

“Kami menanamkan betul pendidikan karakter pada siswa. Kami berharap anak-anak semakin meningkat karakternya dan memiliko budi yang baik,” kata Wiyono.

| Baca Juga:  Penetapan Walikota Definitif Blitar Tinggal Tunggu SK Mendagri

Selain prosesi basuh kaki, peringatan Hari Guru Nasional di SD Negeri Bendogerit 1 ini juga diisi dengan upacara dan tumpengan. Sekolah juga memberikan penghargaan kepada guru dan siswa berprestasi.(*)

Reporter: Ana Alana
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here