Beranda Viral Pancaroba, Waspada Hadirnya Hujan Es dan Angin Kencang

Pancaroba, Waspada Hadirnya Hujan Es dan Angin Kencang

BERBAGI
pada pancaroba intensitas petir juga ikut meingkat, waspada.(ilustrasi: sumber pinterset)

AGTVnews.com – Pancaroba merupakan masa pergantian dari musim kemarau ke musim penghujan. Ternyata masa peralihan ini tidak hanya berjalan lempeng dan mulus. Banyak hal-hal ekstrim yang menyertai.

Beberapa hal yang patut diwaspadai saat pancaroba adalah adanya cuaca ekstrim seperti hujan es, hujan lebat tiba-tiba serta adanya angin kencang tiba-tiba. Angin kencang ini berasal dari awan cumulonimbus.

Berdasarkan pers rilis dari Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorolgi Klas I Juanda Surabaya, kondisi ini akan terjadi antara bulan Oktober hingga November 2019.

| Baca Juga:  Ritual Tiban, Tradisi Budaya Pemanggil Hujan di Terik Kemarau

Disebutkan hujan yang terjadi pada masa transisi ini tidak merata dan terjadi secara tiba-tiba. Intensitas hujan yang turun pun merupakan hujan lebat yang berpotensi menimbulkan genangan.

Sementara angin kencang yang tiba-tiba ‘menyapa’ pun sifatnya merusak. Angin ini berasal dari hempasan udara dingin awan Cumulonimbus. Angin kencang tiba-tiba ini seringkali juga menghadirkan petir.

Jadi bagi kalian yang tiba-tiba merasakan adanya perubahan udara menjadi lebih dingin, disertai dengan adanya hembusan angin kecang, agar waspada munculnya angin kencang ataupun puting beliung, yang bersifat merusak.

| Baca Juga:  Rindu Hujan dan Genangan, eh Datanglah Awan

Tidak hanya angin kencang, potensi adanya hujan es dan hujan lebat juga wajib kalian waspadai. Oke guys, jangan hanya hati-hati terhadap genangan di jalan ya, namun juga perubahan cuaca ekstrim memasuki musim penghujan. (*)

Editor: Linda Kusuma