Beranda Viral Pancaroba, Waspada Hadirnya Hujan Es dan Angin Kencang

Pancaroba, Waspada Hadirnya Hujan Es dan Angin Kencang

BERBAGI
pada pancaroba intensitas petir juga ikut meingkat, waspada.(ilustrasi: sumber pinterset)

AGTVnews.com – Pancaroba merupakan masa pergantian dari musim kemarau ke musim penghujan. Ternyata masa peralihan ini tidak hanya berjalan lempeng dan mulus. Banyak hal-hal ekstrim yang menyertai.

Beberapa hal yang patut diwaspadai saat pancaroba adalah adanya cuaca ekstrim seperti hujan es, hujan lebat tiba-tiba serta adanya angin kencang tiba-tiba. Angin kencang ini berasal dari awan cumulonimbus.

Berdasarkan pers rilis dari Badan Meteorlogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorolgi Klas I Juanda Surabaya, kondisi ini akan terjadi antara bulan Oktober hingga November 2019.

Disebutkan hujan yang terjadi pada masa transisi ini tidak merata dan terjadi secara tiba-tiba. Intensitas hujan yang turun pun merupakan hujan lebat yang berpotensi menimbulkan genangan.

| Baca Juga:  Hujan Pertama Setelah Kemarau Panjang Bikin Sakit, Fakta atau Hoaks?

Sementara angin kencang yang tiba-tiba ‘menyapa’ pun sifatnya merusak. Angin ini berasal dari hempasan udara dingin awan Cumulonimbus. Angin kencang tiba-tiba ini seringkali juga menghadirkan petir.

Jadi bagi kalian yang tiba-tiba merasakan adanya perubahan udara menjadi lebih dingin, disertai dengan adanya hembusan angin kecang, agar waspada munculnya angin kencang ataupun puting beliung, yang bersifat merusak.

Tidak hanya angin kencang, potensi adanya hujan es dan hujan lebat juga wajib kalian waspadai. Oke guys, jangan hanya hati-hati terhadap genangan di jalan ya, namun juga perubahan cuaca ekstrim memasuki musim penghujan. (*)

Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here