Beranda Hukum Kriminal Pelanggar Operasi Zebra Semeru 2019 di Tulungagung Meningkat

Pelanggar Operasi Zebra Semeru 2019 di Tulungagung Meningkat

BERBAGI
kendaraan yang diamankan petugas karena tidak sesuai spesifikasi dan mengganggu pengendara lain. (foto:firmanto imansyah)

AGTVnews.com – Jumlah pelanggar operasi zebra semeru 2019 di Tulungagung justru meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Meski peningkatan yang terjadi tidak banyak, namun cukup menjadi perhatian.

Kapolres Tulungagung, AKBP Eva Guna Pandia mengatakan, peningkatan pelanggaran ini karena semakin banyaknya pengguna kendaraan bermotor di Tulungagung.

Berdasarkan data yang dimilikinya terdapat 3582 pendara kendaraan bermotor yang ditilang. Sedangkan pengendara yang mendapatkan teguran sebanyak 45 orang. Total ada 3627 pengguna kendaraan yang terjaring selama operasi zebra semeru 2019 digelar.

“Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan operasi serupa di tahun 2018 yang lalu, peningkatannya ada di kisaran 1%,” ucap Kapolres, Kamis (7/11/2019).

Kapolres menambahkan, jenis pelanggaran yang mendominasi adalah pelanggaran berupa pengendara dibawah umur, kemudian disusul berupa pelanggaran pengendara yang tidak menggunakan helm SNI.

| Baca Juga:  Tak Pulang Usai Berkebun, Seorang kakek Diduga Hanyut di Sungai Brantas Tulungagung

“Jenis pelanggarannya merata, tapi paling banyak pengendara dibawah umur, kemudian pengendara yang tidak mengenakan helm SNI dan pengandara melawan arus,” terangnya.

Pandia menyebut selain melakukan tindakan berupa penilangan dan teguran, pihaknya juga menyita 53 kendaraan bermotor yang melanggar.

“Pelanggaran tersebut diantaranya karena tidak sesuai spesifikasi teknis serta knalpot brong yang mengganggu pengguna kendaraan di jalan raya,” pungkasnya.(*)

Reporter: Firmanto Imansyah
Editor: Linda Kusuma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here