Beranda Advetorial Pemkot Blitar Launching Layanan Lumpur Tinja Terjadwal Jaga Agar Sumber Air Tanah...

Pemkot Blitar Launching Layanan Lumpur Tinja Terjadwal Jaga Agar Sumber Air Tanah Tidak Tercemar

BERBAGI
Pemerintah Kota blitar melalui Dinas Lingkungan hidup melaunching aplikasi layanan sedot tinja secara online.(foto: dhania kusuma)

AGTVnews.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar melaunching Layanan Lumpur Tinja Terjadwal dan aplikasi Sistem Informasi Sedot Tinja Terintegrasi ( Sidoati), Senin (4/11/2019). kegiatan ini dibuka langsung oleh Plt Wali Kota Blitar, Santoso.

Melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Pemkot Blitar menyediakan pelayanan masyarakat penyedotan tinja melalui aplikasi Sidoti secara online.

Meski akan ada banyak halangan, terkait kebiasaan warga Kota Blitar, namun Satoso yakin program ini akan bisa jalan dan mengurangi polusi air tanah akibat rembesan septik tank.

“Ini program yang sangat bagus dan patut kita apresiasi. Artinya masyarakat yang selama ini sudah mampu membuat jamban sehat, tapi belum tahu bagaimana sistem pemasangan septik tank sudah sesuai apa belum dengan ketentuan yang berlaku,” ucapnya

“Aplikasi ini diciptakan, untuk membantu masyarakat yang septic tank nya sudah lama tidak dikuras, melalui sistem online ini masyarakat sudah bisa dengan mudah untuk menyedot tinja,” imbuhnya.

| Baca Juga:  Jelang Pilkada 2020, Pemkot Blitar Gelar Jagongan Ajak Warga Tingkatkan Ketertiban

Ditambahkan Santoso, maksimal pengurasan septik tank dilakukan empat tahun sekali. Masyarakat Kota Blitar cukup membayar jasa penyedotan tinja kepada petugas DLH Pemkot Blitar sebesar Rp 200.000, septik tank sudah kembali bebas tinja.

“Jika masyarakat kurang peka mengurus sirkulasi septik tank, dikhawatirkan bisa berpengaruh pada kualitas kadar sumber mata air yang tercemar resapan air septik tank yang sudah over kapasitas,” ucapnya.

Diharapkan, masyarakat Kota Blitarakan terbiasa dan secara berkala akan melakukan penyedotan lumpur tinja, terlebih dengan adanya apalikasi yang memudahkan masyarakat.(*)

Advetorial Bagian Humas dan Protokol Pemkot Blitar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here